Analisis Peningkatan Motivasi Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning

Authors

  • M. Abrar Putra Kaya Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rini Anggraini Br Siregar Universitas Islam Negeri Suamtera Utara
  • Andini Zahara Simanjuntak Universitas Islam Negeri Suamtera Utara
  • Latifah Siregar Universitas Islam Negeri Suamtera Utara
  • Safran Hasibuan Universitas Islam Negeri Suamtera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.546

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal penting dalam mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia. Dengan pendidikan akan menghasilkan generasi baru yang cerdas, terampil, dan ahli dalam suatu bidang tertentu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh model pembelajaran Project Based Learning dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dan kreatifitasnya dalam belajar.  Penelitian ini menggunakan metode studi kajian pustaka dengan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu sebagai pertimbangan menghasilkan penelitian baru. Hasil penelitian ditemukan bahwa PBL memungkinkan siswa untuk memecahkan masalah nyata, berpikir kreatif, dan bekerja dalam kelompok. Model ini menggeser peran guru menjadi fasilitator, memungkinkan siswa menjadi objek utama dalam proses pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa, memberikan alternatif baru bagi guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif.

References

Education, N. D. of. (2009). Project Based Learning: Inspiring Middle School Student to Engage in Deep and Active Learning. Division of Teaching and Learning Office.

Fatmawati, Rindiani, G., Oktaviany, N., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd Negeri 34/I Teratai. As - S A B I Q U N: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 252–264.

Gijbels, D., Dochy, F., & Van de Bossche, F. (2005). Effects of The Problem Based Learning, A Meta‐analysis from the Angle Measurement. Journal Review of Educational Research, 75, 27‐49.

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali.

Jones, B. F., Rasmussen, C. M., & Moffitt, M. C. (1997). Real Life Problem Solving: A Collaborative Approach To Interdisciplinary Learning. American Psychological Association.

Listari, R., Siska, Y., & Suryati, W. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik Kelas VI Materi Ips Usaha Disekitarku di Sd Negeri Sawang Balak Tanggamus. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Bandar Lampung, 783–792.

Muhammad Guntur. (2019). Konsep Dasar Analisis Data Kualitatif. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Rosalina, M., & Sanoto, H. (2013). Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Model Project Based Learning Pelajaran Seni Rupa Kelas II di SD Negeri Pulutan 02. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 34–46.

Sari, L. K., Sunanih, S., & Yopa, T. S. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 112–117.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 1

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan (1st ed.). Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Articles