RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKASI BELAJAR BAHASA JEPANG DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SHUFFLE RANDOM
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.5521Keywords:
Bahasa Jepang, Shuffle Random, AndroidAbstract
Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa luar yang sangat digemari di Indonesia., didorong oleh pengaruh budaya populer seperti anime, manga, dan musik. Namun, kompleksitas struktur bahasa dan sistem penulisan seperti Hiragana, Katakana, dan Kanji sering kali menjadi kendala bagi pemula. Oleh karena itu, diperlukan sarana belajar yang efisien, menarik, dan mudah diakses. Penelitian ini ditujukan untuk merancang dan menciptakan aplikasi edukasi pembelajaran bahasa Jepang dasar berbasis Android dengan pendekatan aplikasi edukatif. Aplikasi ini berisi materi pengenalan huruf Hiragana dan Katakana dasar dalam bahasa Jepang. Dalam proses pembelajaran, pengguna diajak untuk berinteraksi melalui latihan atau soal tebak huruf , di mana jawaban diacak secara acak menggunakan metode shuffle random guna menciptakan variasi dan meningkatkan daya ingat pengguna. Aplikasi ini dirancang sebagai alternatif metode belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan efisien dibanding metode konvensional. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media pendukung yang efektif dalam proses belajar bahasa Jepang, khususnya bagi pemula.
References
Reyca Liani Chandra, Beny, Agus Nugroho, "Perancangan Aplikasi Pembelajaran Dasar Bahasa Jepang Berbasis Android Fisher-Yates Shuffle", vol. 3, no. 1,2023
Ricky Raharja Gunawan, Tri Widodo, "Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Berbasis Android" vol 1 (1),2021
Yahya Eka Kusmadaru, Pengembangan Game Edukasi Bahasa Jepang berbasis Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Dengan Metode Game Development Life Cycle (GDLC),JAMASTIKA, vol. 3, no. 1,2024
A. Kharisma Raya Kesuma, Tri Widodo,Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android Menggunakan Metode FSM, Edukasimu, vol.1 (1), 2021
Yoga Permana Jaya, Rissa Nurfitriana Handayani,Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Alfabet Dalam Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Multimedia Development Life Cycle, E-PROSIDING TEKNIK INFORMATIKA Vol. 5, No. 1, Juni 2024
Putu Adi Saputra, Gerson Feoh, I Made Dwi Ardiada, Prastyadi Wibawa Rahayu, Design and Development of English Language Education Game Based on Android Using Unity 3D Engine (Case Study: SDN 5 Gulingan), Jurnal Kesehatan, Sains, dan Teknologi (JAKASAKTI) Vol. 3, No.1 April 2024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.