TRANSFORMASI MEDIA DAN DINAMIKA KOMUNIKASI DALAM ERA DIGITAL : TANTANGAN DAN PELUANG ILMU KOMUNIKASI

Authors

  • Ilham Lucky Alamsyah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Nur Aulya Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Siti Handayani Satriya Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.554

Keywords:

Transformasi Media, Dinamika Komunikasi, Era Digital, Ilmu Komunikasi, Tantangan dan Peluang

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, transformasi media dan dinamika komunikasi telah menjadi fokus dalam ilmu komunikasi. Artikel ini mengulas dampak transformasi media dan komunikasi dalam era digital terhadap ilmu komunikasi. Tantangan seperti penyebaran informasi tidak terverifikasi, polarisasi opini, dan privasi data kompleks diidentifikasi, sementara partisipasi aktif masyarakat dan akses luas terhadap informasi menjadi peluang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitis dengan tahap studi literatur, penentuan variabel, pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis konten, serta analisis tematik. Informan melibatkan ahli komunikasi, praktisi media, dan pengguna media digital. Kerangka analisis menggabungkan teori komunikasi massa dan difusi inovasi. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman tentang transformasi media dan komunikasi dalam era digital serta memberikan wawasan bagi praktisi dan akademisi ilmu komunikasi. Dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital, penting untuk menjaga etika, akurasi, dan integritas dalam komunikasi.

References

Ahmed, K. &. (2018). The Role of Social Media in Crisis Communication.International Journal of Business and Social Science Research,, , 7(2), 1- 10.

Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, , 1(1), 44.

Al-Mekhlafi, A. S.-M. (2019). The Influence of Culture on Communication Style. International Journal of Humanities and Social Science Research,, 7(1), 1-10.

Al-Sultan, A. A., & Al-Mutairi, M. A. . (2016). The Effectiveness of Public Relations in Building Corporate Image. Journal of Communication and Media Studies,, 5(2), 1-10.

AWS., A. (2023). Apa itu Transformasi Digital? . https://aws.amazon.com/id/what- is/digital-transformation/.

Digital Repository Universitas Sahid. (2017). Mediamorfosa: Transformasi Media Komunikasi di Indonesia. http://repository.usahid.ac.id/1173/1/3.%20mediamoforsa.pdf.

Gushevinalti, P. S. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi di Era Konvergensi Media. Jurnal Magister Ilmu Komunikasi.

Khan, S. A. (2017). The Impact of Television Advertising on Consumer . Buying Behavior. Journal of Marketing and Consumer Research,33, 1-10.

Knapp, S. A., & Hall, J. A. (2018). The Role of Nonverbal Communication in Interpersonal Relationships. Journal of Social and Personal Relationships, 35(1), 1-10.

Koto, S. 1. (2021). Pengaruh Era Digital Terhadap Pendidikan. https://sman1dk.sch.id/berita/pengaruh-era-digital-terhadap-pendidikan.

Kurniawan, A. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komunikasi Internal. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(1), 1-10.

NURRAHMAH. (2017). Konvergensi dari Media Konvensional ke Digital. Skripsi. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15107/1/NURRAHMAH-

KONVERGENSI%20DARI%20MEDIA%20KONVENSIONAL%20KE%20 DIGITAL%20_compressed.pdf.

Sari, D. P., & Pratama, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi,, 17(2), 141-152.

Setiawan, A. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Isu-Isu Sosial yang

Disajikan oleh Media Massa. . Jurnal Ilmu Komunikasi,, 16(1), 1-12.

Surabaya., H. S.-U. (2022). Ruang Diksi 2 (Diskusi & Advokasi) – Perkembangan Media Digital Untung Atau Buntung? https://hmpikom.fish.unesa.ac.id/post/ruang-diksi-2-diskusi-advokasi- perkembangan-media-digital-untung-atau-buntung.

Tribunnews.com. (2021). Era Digital, Pola Komunikasi Ikut Berubah, Media Massa Kini Bersaing dengan Masyarakat. https://jabar.tribunnews.com/2021/10/09/era-digital-pola-komunikasi-ikut- berubah-media-kini-bersaing-dengan-masyarakat.

UGM, D. (2022). Rilis Berita Diskoma “Relasi Manusia dan Teknologi di Era Konvergensi Media Digital”. https://dikom.fisipol.ugm.ac.id/rilis-pers-

diskoma-relasi-manusia-dan-teknologi-di-era-konvergensi-media-digital/.

UPI., B. (2021). Transformasi Digital Menuju Era Digital Society sebagai Akselerasi Kebangkitan Ekonomi Nasional . http://berita.upi.edu/transformasi-digital-menuju-era-digital-society- sebagai-akselerasi-kebangkitan-ekonomi-nasional/.

Wijaya, B. S. (2017). Pengaruh Kampanye Politik Terhadap Pemilih dalam Pemilihan Umum. . Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 123-134.

Wira Respati . (2012). Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi di Indonesia. Jurnal Economic and Communication,.

Wulandari, D. A. (2020). Penggunaan Bahasa dalam Iklan: Analisis Semiotik pada Iklan Produk Kecantikan. Jurnal Ilmu Komunikasi, Artikel Jurnal (satu, dua, atau lebih dari dua penulis)

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Articles