Analisis Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang

Authors

  • Muh Zuljalali Walikram Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ardiansyah Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Habibah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.5611

Keywords:

service quality, academic administration, MAN Enrekang, reliability, public service

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mengkaji Analisis kualitas layanan administrasi akademik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Enrekang dengan menggunakan lima dimensi kualitas layanan, yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan administrasi akademik di MAN Enrekang secara umum berada dalam kategori baik. Dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati menunjukkan performa yang baik, ditandai dengan ketepatan pelayanan, responsivitas petugas, jaminan profesionalisme, serta sikap ramah dan perhatian terhadap pengguna layanan. Namun, pada dimensi bukti fisik, ditemukan bahwa fasilitas dan sarana pendukung layanan masih tergolong normal dan memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi layanan. Temuan ini memberikan gambaran bahwa meskipun kualitas layanan sudah baik, peningkatan pada aspek fisik tetap diperlukan guna mendukung pelayanan administrasi akademik yang lebih optimal. 

Kata Kunci: kualitas layanan, administrasi akademik, MAN Enrekang, keandalan, pelayanan publik

References

Anggraini, N., & Alhempi, R. R. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii

Holiday Hotel Pekanbaru. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1923-1930.

Irawan, B. (2012). Dimensi Kualitas Layanan: Konsep dan Perkembangannya. Jurnal ISEI Jember. Vol. 2 No. 1. Hal 95-108.

Kasmir (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoors Near Mikie Holiday

M. Daryanto, Administrasi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1990). buku Dr.Rosmiaty Azis, M.Pd.I . Pengantar Administrasi Pendidikan,Cetakan :Pertama

(Penerbit sibuku, Februari 2016), 16.

Rahmawati, D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kota X. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 145-157.

Rangkuti, Freddy. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.221

Sutrisno, E. (2020). Pengaruh Responsiveness terhadap Kepuasan Pelayanan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 55-63.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles