Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Sosiologi Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.5685Keywords:
pembelajaran abad 21, Sosiologi, pendekatan pembelajaran, strategi inovatif, literasi digital, guru sebagai fasilitator.Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan pendekatan serta strategi pembelajaran sosiologi yang relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21. Pokok pembahasan meliputi karakteristik pembelajaran abad ke-21, tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pembelajaran sosiologi, pendekatan pembelajaran yang sesuai seperti pendekatan scientific, contextual teaching and learning (CTL), humanistik, serta sosio konstruktivis. Selain itu artikel ini juga mengidentifikasi strategi pembelajaran inovatif seperti problem based Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), dan pembelajaran kolaboratif yang dapat memperkuat keterlibatan siswa. Integrasi literasi digital dalam pembelajaran Sosiologi dikaji sebagai respon terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan literasi abad ini. Di akhir, dibahas pula peran guru Sosiologi sebagai fasilitator dan katalis sosial dalam membentuk karakter dan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, mengolah berbagai referensi teoritis dan hasil penelitian yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa pembelajaran Sosiologi di abad ke-21 menuntut pendekatan yang adaptif, kontekstual, dan kolaboratif yang berpusat pada pengembangan keterampilan abad ke-21 dan pemanfaatan teknologi secara bijak.
References
Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677-1693.
Unesco, “Digital Literacy In Education”, in IITE Policy Brief, May 2011. http://unesdoc.unesco.org/images/0021/002144/214485e.pdf.
Rezkiana, N. M., dkk. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Bosowa School Makassar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 3, hlm. 23941-23954.
Arifin, Bustanol. “Pentingnya Literasi Digital dalam Pendidikan”. Guru Inovatif. 28 Juni 2025, dari https://guruinovatif.id/artikel/pentingnya-literasi-digital-dalam-pendidikan.
Suprapto, W., Gustin, & Kariadi. (2023). Guru VS Media Sosial: Kontradiksi Peran Guru di Era Globa. Jurnal Sustainable, Vol. 6, No. 1, hlm 141-158. DOI:https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3339
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180.
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Redhana, I. W. (2019). Pembelajaran Abad 21: Kompetensi dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 2243-2250.
Gumrowi, A. (2020). Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Abad 21. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1).
Sefton-Green, J., Nixon, H., & Erstad, O. (2016). Learning beyond the school: International perspectives on the schooled society. Routledge.
OECD. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030. OECD Publishing.
Wulandari, S., & Kurniawati, D. (2020). Relevansi Pembelajaran Sosiologi dalam KonteksSosial Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(1), 45–58.
Apple, M. W. (2004). Ideology and Curriculum. Routledge.
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140.
Giddens, A. (2009). Sociology (6th ed.). Polity Press.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.
Dillenbourg, P. (1999). Collaborative Learning: Cognitive and Computational Approaches. Oxford: Elsevier.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka.
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83(2), 39–43.
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). 21st Century Skills: What Education Research and Curriculum Development Tell Us. Teaching and Teacher Education, 29, 102–110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.