PERSEPSI NETIZEN TERHADAP ISU PENGGUNAAN RANGKA ESAF YANG RAWAN PATAH

Authors

  • Luhur Faris Abqari Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jawa Timur
  • Sekar Mayang Qurota Ayunin Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jawa Timur
  • Atma Putra Wicaksana Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jawa Timur
  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.575

Keywords:

Sepeda Motor, Rangka eSAF, Netizen, Kualitas

Abstract

Perkembangan sepeda motor di Indonesia tercermin dalam faktor harga terjangkau, biaya perawatan murah, dan reputasi merek, khususnya Honda. Namun, perhatian terpusat pada masalah rangka eSAF pada Honda BeAT, yang mengalami keropos, berkarat, dan patah, memicu perdebatan di media sosial. Kualitas rangka ini menjadi sorotan, menimbulkan kebutuhan akan transparansi dan solusi yang memadai dari pihak produsen. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada analisis konten media sosial TikTok di akun @welovehonda dan wawancara dengan 30 netizen terkait isu rangka eSAF Honda. Responden, sebagian besar berusia 20-29 tahun, mencerminkan kekhawatiran terhadap kualitas, kinerja, dan daya tahan rangka eSAF dalam keputusan pembelian. Wawancara menunjukkan bahwa netizen menginginkan peningkatan kualitas dan panduan perawatan sebagai solusi atas ketidakpastian terkait rangka eSAF. Kesimpulan penelitian menggarisbawahi pentingnya kualitas, daya tahan, dan kinerja rangka, serta menyoroti peran kolaborasi antara produsen, pihak berwenang, dan komunitas pengguna untuk meningkatkan kepercayaan pada produk sepeda motor ini.

References

Aaker, D. A. (1996). Measuring Brand Equity Across Products and Markets. California Management Review, 38(3), 102–120. https://doi.org/10.2307/41165845

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. 53(9), 22–60.

Manurung, R. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian HONDA Beat Pada PT. HOHO Pekanbaru. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Nardo, L., & Prasetiyo, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Dealer Cv. Supra Jaya Motor Cianjur. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 433–448. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.234

Haryani, D. (2021). Persepsi Masyarakat Muslim Kelurahan Inderalaya OI Terhadap Materi Kampanye Dalam Pilkada 2020. Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 2(3), 210–224. https://doi.org/10.19109/ampera.v2i3.9534

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH

Walgito, & Bimo. (1997). Pengantar Psikologi Umum. In Andi Offset Yogyakarta.

Akbar, R. F. (2015). Analisis persepsi pelajar tingkat menengah pada sekolah tinggi agama islam negeri kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1).

Gamayanto, I., & Nilawati, F. E. (2017). Pengembangan dan implementasi dari wise netizen (e-comment) di Indonesia. techno. com, 16(1), 80-95.

Khuriyana, E., & Nugroho, T. Persepsi Netizen Terhadap Channel Youtube Akademi Desa Sebagai Knowledge Sharing Program Pemberdayaan Masyarakat di Era 4.0. Komunikasi, Resiliensi Sosial dan Pembangunan Berkelanjutan, 44.

Nurtiansyah, F. (2022). Sistem Perencanaan Produksi Part Frame Body ESAF Pada Lini Produksi Press Center di PT XYZ.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles