STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI ERA MERDEKA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.588Keywords:
Bimbingan Konseling;, Merdeka Belajar, Kurikulum MerdekaAbstract
Merdeka belajar kurikulum Merdeka telah resmi menjadi kurikulum di Tingkat satuan Pendidikan. Bimbingan dan konseling yang merupakan bagian yang terpadu dalam proses Pendidikan juga harus menyesuaikan pelayanannya untuk mencapai tujuan Pendidikan. Pada hakikatya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling era Merdeka belajar ditekankan untuk membentuk karakter jiwa anak bangsa melalui perwujudan sumber daya manusia berdasarkan profil pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 elemen, yakni Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Kebhinekaan global, Bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, serta mandiri. Untuk itu perlulah mengkaji bagaimana konsep dasar serta strategi pelaksanaan layanan bimbingan konseling era Merdeka belajar ini. Dalam penelitian ini penulis menggukan metode kajian kepustakaan (library research) yaitu dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan serangkaian kajian teori data Pustaka yang relevan dengan masalah. Strategi layanan bimbingan konseling era Merdeka belajar meliputi layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual, layanan responsive, dan layanan dukungan sistem.
References
Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-COMIC BAGI GURU SDN KEBUNAGUNG II SUMENEP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.
AR, M. M. (2021). MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK.
AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Big Book Berbasis Steam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.
AR, M. M., & BASRI, H. (2018, September). PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2.
AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools.
AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1).
AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Membentuk Karakter Melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum Desa Kambingan Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416-424.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Analisis optimalisasi peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 423-432.
AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.
AR, M. M., Rohmah, A. A., Sattina, S., Asmauliyah, S. N., Wujdiyani, W., & Warist, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Usia Dini Melalui Program Rumah Ramah Anak Di Desa Aenganyar Pulau Giligenting Sumenep. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 54-66.
AR, M. M., Zainuddin, Z., Aini, K., & Mutia, T. (2022). Analysis of Numeration Literacy Program Implementation In Low Class Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3134-3137.
Ar, M. M., Rofik, R., & Hanafi, A. (2023). Expensive Political Costs in the 2024 Simultaneous Elections. Jurnal Hukum dan Sosial Politik, 1(1), 01-20.
Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.
Febrianti, Natasya, and Dinie Anggraenie Dewi. “Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 2 (2021): 476–82. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772.
Feronika, Nopi. “PROFIL KOMPETENSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING.” Jurnal AKRAB JUARA 8, no. November (2023).
Hariyadi, Sigit, Binti Isrofin, Silvia Kurniawati, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati Kota, and Jawa Tengah. “Game Based Learning Dalam Aplikasi Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 7, no. 1 (2022): 22–34.
Hardiansyah, F., & Abuyamin Rasia, M. M. (2022, April). Enhancing Students' Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 1, pp. 253-268). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Hardiansyah, F., Muhammad Misbahudholam, A. R., & Hidayatillah, Y. (2022). IPAS Learning Assessment To Measure Science Process Skill In Elementary School.
Hayati, Leni Murni. “Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7, no. 1 (2022): 158. https://doi.org/10.29210/021880jpgi0005.
Henni Syafriana Nasution, Abdillah. Bimbingan Konseling Konsep, Teori Dan Aplikasinya. medan: Penerbit LPPPI, 2019.
Hidayatillah, Y., AR, M. M., Astuti, Y. P., & Kumala, R. S. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1195-1201.
Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.
Mudhar. “IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 9 BLITAR Elia.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman 8, no. 1 (2022): 2477–6300.
Nugroho, Bambang. “Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter.” Psiko Edukasi 21, no. 1 (2023): 28–40. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4374.
Rahayu, Sri Wahyuni. “ANALISIS LUNTURNYA MORAL BANGSA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BUDI PEKERTI KI HADJAR DEWANTARA.” Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 08, no. 1 (2022).
Rahmat, Hayatul Khairul, and Program. “IMPLEMENTASI STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF BAGI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA Hayatul.” 37 HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 16, no. 1 (2019): 37–46.
Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3).
Rokhyani, Esty. “Penguatan Praksis Bimbingan Konseling Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar.” Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2022, 26–38.
hiddiq, A. (2023). STRATEGI KEPEMIMPINAN YAYASAN MENGEMBANGKAN SEKOLAH DASAR NURUL MANNAN DI BANJAR BARAT GAPURA SUMENEP. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 2(2), 232-243.
Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.
Zu’ma, Asma Rayfanna. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dengan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Konteks Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 2 (2023).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.