MOTIVASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS LOW VISION MELALUI BENDA KONKRET DISEKOLAH DASAR INKLUSI

Authors

  • Putri Nabila Rizki Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Opi Andriani Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Silvia Gusmila Putri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Diani Laras Munnawaroh Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.600

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Low Vision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan dalam melaksanakan motivasi belajar untuk peserta didik dengan hambatan penglihatan (low vision) di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif inquiri. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar negeri Bungo Jambi yang memiliki satu siswa dengan hambatan penglihatan (low vision). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada guru pendidikan khusus (GPK) yang telah bekerja di sekolah tersebut selama 10 tahun. Ada tiga fokus utama yang diteliti, yaitu pengelolaan pembelajaran di kelas, penggunaan media pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar anak berkebutuhan khsusu low vision  melalui benda konkret disekolah dasar inklusi sudah cukup baik, baik dari segi media pembelajaran, proses kegiatan belajar mengajar, cara pemberian materi dari guru kepada siswa, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan.

References

Baharun, Hasan & Awwaliyah, Robiatul. 2018. Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Perspektif Epistemologi Islam. Jurnal Program Studi PGMI. Vol 5 No 1, Maret.

Khaeroh, Innayatul. 2020. Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Dengan Hambatan Penglihatan (low vision) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi. Vol 4 No 1.

Kurniawan, Iwan. 2015. Implementasi Pendidikan bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 4 No 8.

Netriwati & Lena, Sri Mai. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Ramadani, Irma Dewi. 2017. Layanan Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Low Vision Kelas V SD Muhammadiyah Bogor. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 9 Tahun Ke-6.

Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera utara.

Downloads

Published

2024-01-03

Issue

Section

Articles