KONSEP DIRI PENYANDANG DISABILITAS (SISWA KELAINAN FISIK) DI SDN 59/II BENIT

Authors

  • Nabilla Valeri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Opi Andriani Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Priyono Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Krisma Dwita Putri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.623

Keywords:

KONSEP DIRI, DISABILITAS FISIK, ABK

Abstract

Abstrak. Diluar sana banyak anak yang kurang beruntung atau mengalami disabilitas (kelainan fisik) sehingga tidak bisa merasakan hal yang sama seperti anak anak yang normal pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran konsep diri pada penyandang disabilitas (kelainan fisik) di SDN 59/II Benit. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang mengalami disabilitas ( kelainan fisik) di SD tersebut memiliki konsep diri yang positif seperti berkelakuan baik, sopan, dan ceria. Ia juga menerima keadaannya dan dapat beradaptasi dengan baik.

Kata Kunci : Konsep Diri; Penyandang Disabilitas; Kelainan Fisik.

References

Buletin Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Situasi Penyandang Disabilitas.Jakarta: Kemenkes RI.

International Labour Organization. (n.d.). Inklusi penyandang disabilitas di Indonesia. Diunduh dari http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_233426.pdf

Jannah, R. (2015). Hubungan Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Penyandang Disabilitas Tunarungu Di Kota Medan.

Mahmuda. (2021). Analisis Konsep Diri Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Slb N 1 Rokan Hulu. In Repository.Uin-Suska.Ac.Id. http://repository.uin-suska.ac.id/34859/

Mangunsong, F. (2011). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: LPSP3 UI.

Noorhayati, S. M. (2017). Konsep Qona’Ah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Dan Rahmah. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2),59. https://doi.org/10.21043/kr.v7i2.1861

Novilita, H. & Suharnan. (2013). Konsep Diri Adversity Quetient dan Kemandirian Belajar Siswa. Volume 8 No. 1

Risnawati Utami. (2012). Makalah Untuk Intermediate Human Rights Training Bagi Dosen Hukum Dan HAM di Balikpapan, Konvensi Tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas: Dalam Perspektif Kebijakan Publik Di Indonesia. Kerjasama PUSHAM UII dengan Norwegian Centere for Human Rights.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja. (Ed.6.). Jakarta: Erlangga.

Stuart, G.W. (2016) . Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Jakarta: Elsevier.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 69, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5871

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles