MENGATASI PERMASALAHAN DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA MARKETPLACE
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.668Abstract
Membahas tentang upaya untuk menyelesaikan masalah yang muncul saat menerapkan sistem informasi ke platform Marketplace. Marketplace ialah platform digital di mana pembeli dan penjual dapat berinteraksi dan melakukan transaksi jual beli via online. Penerapan sistem informasi dalam marketplace memiliki peran penting dalam mengoptimalkan operasional bisnis dan memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Namun, seringkali ada beberapa permasalahan yang muncul dalam penerapannya. mencakup sejumlah permasalahan umum yang sering terjadi dalam penerapan sistem informasi di marketplace, seperti masalah keamanan data, skalabilitas, pengelolaan inventaris, manajemen pesanan, dan layanan pelanggan. Selain itu, abstrak ini juga mencakup solusi dan strategi yang bisa digunakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi tersebut mencakup penggunaan teknologi keamanan yang canggih, integrasi sistem yang baik, analisis data untuk manajemen inventaris yang lebih baik, otomatisasi proses, dan pelayanan pelanggan yang efektif. Selain itu, abstrak ini juga menyoroti pentingnya pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi yang berkelanjutan, serta pelibatan aktif pengguna dalam proses pengembangan sistem untuk memastikan bahwa kebutuhan mereka terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan panduan bagi perusahaan marketplace dan pihak-pihak yang berkontribusi pada pengembangan sistem informasi dalam menghadapi permasalahan yang muncul, sehingga mereka dapat mengoptimalkan operasionalnya dan mereka memberi pengalaman yang lebih baik untuk pengguna marketplace.
References
Apriyanto, D. E., & Nuraminudin, M. N. (2022). Analisis dan Pembuatan Website Sebagai Sistem Informasi Pencatatan Dan Singkronisasi Laporan Transaksi Berbagai Marketplace Jogjabika. Explore, 12(1), 64-71.
Darma, M. D. J., Piarsa, I. N., Arsa, D. M. S., & Sutramiani, N. P. (2020). Aplikasi Marketplace Dengan Fitur Sistem Informasi Geografis. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 1(2), 133-142.
Kardianawati, A., Haryanto, H., & Rosyidah, U. (2016). Penerapan Konsep Gamifikasi Appreciative pada E-Marketplace UMKM. Techno. Com, 15(4), 343-351.
Marco, R., & Ningrum, B. T. P. (2017). Analisis sistem informasi e-marketplace pada Usaha kecil menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 18(2), 48-53.
Nugraha, A. R., & Yulianeu, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Original Clothing Indonesia Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), 5(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









