PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ONLINE: STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @MIDEL_06
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.765Keywords:
Identitas diri, Instagram, Interaksi simbolikAbstract
Penelitian ini menganalisis penggunaan Instagram oleh Mia Dwi Lestari (@midel_06) dalam membentuk identitas dirinya. Melalui konten, interaksi, dan pemahaman Mia, penelitian ini mengungkap pengaruh media sosial, khususnya Instagram, terhadap pembentukan identitas diri serta peran Instagram dalam mempengaruhi persepsi diri dan interaksi sosial remaja. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik sebagai landasan utama dengan pendekatan konseptual. Dalam studi kasus tunggal pada Mia Dwi Lestari, seorang freelancer, model, dan karyawan swasta yang aktif di media sosial, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan pendekatan fenomenologi Von Eckartsberg untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mia menggunakan simbol-simbol dan interaksi dengan pengikutnya di Instagram untuk membentuk makna dan identitas dirinya, serta memperoleh pengakuan dan kesuksesan dalam dunia digital. Kesimpulannya, Mia Dwi Lestari menggunakan Instagram sebagai sarana untuk membangun identitas diri, mengekspresikan minat dan gaya hidupnya, serta membangun hubungan dan mendapatkan pengakuan sebagai seorang influencer, sesuai dengan teori interaksi simbolik.
References
Batra, R. a. (2018). Integrating Marketing Communications: New Findings, New Lessons, and New Ideas. Journal of Marketing, 50-62.
Chris Hausmann, e. a. (2021). Interaction Ritual Theory and Structural Symbolic Interactionism. Symbolic Interaction, 34(3), 319–329. doi:https://doi.org/10.1525/si.2011.34.3.319.
Dirk vom Lehn, a. W. (2021). Interaction and Symbolic Interactionism. Symbolic Interaction, 34(3), 315–318. doi:https://doi.org/10.1525/si.2011.34.3.315.
Jan E. Stets, a. P. (2020). Identity Theory and Social Identity Theory. Social Psychology Quarterly, 63(3), 224–237. doi:https://doi.org/10.2307/2695870.
Jannah, M. (2014). Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Wanita yang Memiliki Fanatisme K-Pop di Samarinda. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 50-62. doi:http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3571
Kapitan, S. a. (2018). From Digital Media Influencers to Celebrity Endorsers: Attributions Drive Endorser Effectiveness. Marketing Letters, 34-40.
Marlowe, J. M. (2017). Digital Belongings: The Intersections of Social Cohesion, Connectivity and Digital Media. Ethnicities, 85–102.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi – Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
Nur Idaman, W. H. (2021). Identitas Virtual Remaja Pada Media Sosial Instagram. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 45-53.
Nurhadi, F. Z. (2015). Teori Teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ronald W. Smith, a. V. (2016). Symbolic Interaction Theory. Symbolic Interaction, 29(2), 123-133. doi:https://doi.org/10.1525/si.2006.29.2.123.
Santrock, J. W. (2003). Adolesence – Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sinanan, J. (2017). Visual Postings: Showing Individuality and Remaining Part of a Group. Social Media in Trinidad: Values and Visibility, 11(1), 57–107. doi:https://doi.org/10.2307/j.ctt1xhr53j.7.
Sofia P. Caldeira, e. a. (2018). Exploring the Politics of Gender Representation on Instagram: Self-Representations of Femininity. Journal of Diversity and Gender Studies, 5(1), 23–42. doi:https://doi.org/10.11116/digest.5.1.2.
Stryker, S. (2018). Identity Salience and Role Performance: The Relevance of Symbolic Interaction Theory for Family Research. Journal of Marriage and Family, 30(4), 78-90. doi:https://doi.org/10.2307/349494.
Young, T. R. (2019). Chaos Theory and Symbolic Interaction Theory: Poetics for the Postmodern Sociologist. Symbolic Interaction, 14(3), 321–334. doi:https://doi.org/10.1525/si.1991.14.3.321.
Yulita Ayu Permatasari, A. P. (2018). Identitas Diri Perempuan Muslim Bercadar di Kota Bandung. JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 98-107.
Zakirah, D. M. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Membentuk Identitas Diri Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 50-63.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.