IMPLEMENTASI ASAS BIMBINGAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN KONSELING PADA PESERTA DDIK
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.770Keywords:
Asas, Prinsip, Layanan Bimbingan dan KonselingAbstract
Artikel ini membahas tentang Prinsip dan Asas Bimbingan dan Konseling dalam menjalankan program layanan individu. Berdasarkan pembahasan prinsip dan asas Bimbingan dan Konseling adalah pedoman dan arahan yang harus dilakukan oleh konseli kepadaindividu.Prinsip ini akan memberikan dampak positif untuk menunjang keberhasilan dalam programkonseling. Program yang diberikan akan fleksibel serta membuat individurileks.Individu akan memberikan pemikiran yang berbeda dan unik itulah tugas konseli untuk membantu individu dalam mengenaldirinya.Prinsip ini juga menjelasakan bahwa orang yang memberikan layanan harus kompeten dan berpendidikan yangsesuai.Prinsip BK juga terarah sesuai dengan sasaran yang diinginkan. dengan asas adalah hukum dasar dalam menjalankan layanan bimbingan dankonseling. Layanan yang berdasarkan asas akan membantu konselor dan individu untuk bergerak secara teratur dan patuh terhadapperaturan.Asas ini diharapkan dapat membantu individu dalam mengambil sikap terhadappersoalan.Asas- asas tersebut meliputi asas Kerahasiaan, Keterbukaan, Kesukarelaan, Kegiatan, Kemandirian, Kekinian, Kedinamisan, Keterpadu an, Kenormatifan, Keahlian, Alih Tangan dan Asas Tut WuriHandayani.Asas tersebut akan menuntun individu dalam menjalankan program layananan Bimbingan dan Konseling.
References
Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-COMIC BAGI GURU SDN KEBUNAGUNG II SUMENEP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.
Aini, K., Hidayatillah, Y., AR, M. M., Bahri, S., & Astuti, Y. P. (2023). Pelatihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Palongan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 659-669.
AR, M. M. (2021). MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK.
AR, M. M. (2017). Implementasi pendidikan multikurtural melalui pendekatan nilai luhur budaya dan pancasila untuk membangun karakter mahasiswa dalam meghadapi arus globalisasi. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 89-101.
AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BERBASIS STEAM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.
AR, M. M., & BASRI, H. (2018, September). PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2.
AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1).
Ar, M. M., & Aini, K. (2023). The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 122-134). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Membentuk Karakter Melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum Desa Kambingan Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416-424.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Analisis optimalisasi peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 423-432.
AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.
AR, M. M., Rohmah, A. A., Sattina, S., Asmauliyah, S. N., Wujdiyani, W., & Warist, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Usia Dini Melalui Program Rumah Ramah Anak Di Desa Aenganyar Pulau Giligenting Sumenep. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 54-66.
AR, M. M., Zainuddin, Z., Aini, K., & Mutia, T. (2022). Analysis of Numeration Literacy Program Implementation In Low Class Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3134-3137.
AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).
AR, M. M., Sulalah, A., & Astutik, C. (2024). STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 301-308.
Armadi, A., AR, M. M., Wafa, A. S., Yasir, M., Fattah, M. K., & Fadila, F. (2023). Pengabdian Budidaya Garam Dan Dampak Dari Peluasan Wilayah Tambak Garam Beserta Penanaman Pohon Di Desa Galis Kec. Gili Genting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(3), 147-152.
Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.
Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772
Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). UTILIZATION OF ECO-LITERACY IN SCIENCE LEARNING AS A TEACHING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.
Hardiansyah, F., & Abuyamin Rasia, M. M. (2022, April). Enhancing Students' Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 1, pp. 253-268). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1422-1433.
Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4).
Rahminah. (2021). Prinsip dan Asas Bimbingan Konseling. Jurnal Osfpreprints, 1(8).
Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526-535.
Shiddiq, A. (2022). The Foundation's Leadership Strategy for Developing Nurul Mannan Elementary School in West Banjar Gapura Sumenep. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3094-3097.
Shiddiq, A. (2023). STRATEGI KEPEMIMPINAN YAYASAN MENGEMBANGKAN SEKOLAH DASAR NURUL MANNAN DI BANJAR BARAT GAPURA SUMENEP. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 2(2), 232-243.
Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1). Telaumbanua, K. (2016). Konsep Dasar Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Warta EDISI : 49, 1(2).
Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









