Meningkatkan Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi Dengan Literasi Digital Pada SDGs 2030

Authors

  • Ester Sari Br Marbun Universitas Siliwangi
  • Teni Saida Destiani Universitas Siliwangi
  • Ichsan Fauzi Rachman Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1361

Keywords:

Health, Education and Economy, SDGs

Abstract

Digital literacy is important for achieving the 2030 Sustainable Development Goals (SDGs) and how to improve health, education and the economy. Digital literacy refers to the ability to use digital technology effectively and efficiently. Digital literacy can help increase access to health, education and economic services as well as increase community participation in decision-making processes in the context of the SDGs. This article shows some of the ways digital literacy can be applied to improve health through increasing access to health information, improve education through the use of digital technology for learning, and improve the economy through digital business development. Overall, this article shows that digital literacy is the key to achieving the 2030 SDGs and improving health, education and the economy in Indonesia.

References

Agustina, Rialda Safitri dkk, Revolusi Mental: Penguatan Pendidikan Karakter dalam Membangun Moralitas Dan Etika Yang Baik Pada Generasi Z. MANDUB: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora. Vol. 2 No. 1 Maret 2024 e-ISSN : 2988-2273, p-ISSN : 2988-2281, Hal 01-11 DOI: https://doi.org./10.59059/mandub.v2i1.825.

Asnawi, A. (2022). Kesiapan Indonesia Membangun Ekonomi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Syntax Literate, 7(1).

Atmazaki, dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud Buchori, M.S. & Swadayani, T.B. (2014). Implementasi Program Pendidikan Karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter (4) 3, 235-244.

H, Hans Karunia, Nauvaliana Ashri, and Irwansyah. 2021. Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis. doi: https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187.

Herlina, S. Dyna. 2012. Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. URL: http://www.staffnew.uny.ac.id. Diakses tanggal 29 Desember 2021.

Kamal, M. (2020). KEBUTUHAN AKAN SDM SUATU DOKTRIN EKONOMI (KONSEP SDM, IDENTIFIKASI NILAI SDM, PENAWARAN DAN PERMINTAAN TENAGA KERJA DAN KARAKTERISTIK TENAGA TERDIDIK). Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 1(1), 1-12.

Kemenkominfo. 2022. Status Literasi Digital Di Indonesia 2022. Kominfo (November):205-7.

Muis, Muhammad Aufa, Jurivatul Murni, and Muhammad Taufik Al Haqqi. “PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI DIGITAL PADA GENERASI Z” Jurnal Kajian Agama Islam 7.12 (2023).

Pongtambing, Y. S., Sampetoding, E. A., Uksi, R., & Manapa, E.S. (2024). Digitalisasi Dan Literasi Kesehatan Pada Smart Village. Compromise Journal: Community Proffesional Service Journal, 2(1), 11-18.

Rahayu, N., Supriyono, I.A., Mulyawan, E., Nurfadhillah, F., & Yulianto, D. R. (2023). Pembangunan Ekonomi Indonesia Dengan Tantangan Transformasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(1), 92-95.

Ramadhan, Aditya, and Kartika Novitasari. “STRATEGI PENGEMBANGAN LITERASI EKONOMI BERBASIS DIGITAL TERHADAP REGULASI PEMBERDAYAAN PERILAKU SOSIAL DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA INDUSTRI 4.0.” AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics 1.1 (2023): 14-25.

RAMADHAN, Aditya; NOVITASARI, Kartika. STRATEGI PENGEMBANGAN LITERASI EKONOMI BERBASIS DIGITAL TERHADAP REGULASI PEMBERDAYAAN PERILAKU SOSIAL DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA INDUSTRI 4.0. AB-JOIEC: AL-Bahjah Journal of Islamic Economics, 2023, 1.1: 14-25.

Ridwan, I. R. (2016). Keterkaitan Pendidikan Dengan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Sumber Daya Manusia (SDM). Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Sunawan. 2019. Modul Belajar Mandiri: Pengembangan Media Layanan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 93-118.

Susetyo, D. P., & Firmansyah, D. (2023). Literasi Ekonomi, Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Perilaku Keuangan di Era Ekonomi Digital. Economics and Digital Business Review, 4(1), 261-279.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerkan literasi digital pad masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sen, 8(2), 269-28.

Suyanto. 2014. Pembelajaran Karakter di Sekolah. Disampaikan untuk Program Kajian Rutin Pusat Penelitian Pendidikan Dasar, Menengah dan Kejuruan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 22 Desember 2014.

Suyitno, Ade. 2012. Facebook Sebagai Media Kreatif E-LearningUntuk Distance Learning di Era Global. Makalah dipresentasikan di BPU DINAMIK7 UPI.

Usman, E. F., St, M., Kh Asep Saifuddin Chalim, M., Wicaksono, I. A. D., Reg, R., & St, F. S. (2022). Proyeksi, Prediksi Dan Realita Dalam Perencanaan Di Era Pandemi Covid-19. Penerbit Qiara Media.

Wardani, Ayu., dkk. Gen Z dan Empat Pilar Literasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). e-ISSN : 2745 4053 Vol. 4 No. 4, 2023, pp: 3995-4002, DOI: http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4.1962.

Yuliati, Yuyu. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Cakrawala Pendas, Vol 3, No 2.

Downloads

Published

2024-05-20

Issue

Section

Articles