Peran MNC Group Sebagai Konglomerasi Media Dalam Pilpres 2024

Authors

  • Shabrina Andani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fhida Nabila Sholihah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ilham Ghiffari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fikri Lil Hawadits Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Pia Khoirotun Nisa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1394

Keywords:

Konglomerasi Media, MNC Group, Pilpres

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran MNC Group dalam membentuk opini publik dalam pilpres 2024 dan memahami faktor-faktor yang memengaruhi peran MNC Group. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MNC Group sebagai media memiliki peran yang cukup besar dalam media massa yahg akan berdampak pada masyarakat, terlebih lagi di saat pemilihan presiden. Salah satu perannya sebagai yaitu pemberitaan politik dan media penyelenggara debat capres. Lalu adapun faktor-faktor yang memengaruhi peran MNC Group diantaranya seperti kepemilikan media yang luas, adanya hubungan politik dengan kandidat atau partai politik  tertentu, dan adanya kebijakan editorial.

References

Achmad, N. M., & Prabowo, D. (2024). KPU Pastikan MNC Group Tetap Jadi Televisi Penyelenggara Debat Ketiga Pilpres 2024, Meski Diprotes. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2024/01/03/22121341/kpu-pastikan-mnc-group-tetap-jadi-televisi-penyelenggara-debat-ketiga#google_vignette

Ahmad, I. (2004). Konstruksi realitas politik dalam media massa: sebuah studi critical discourse analysis terhadap berita-berita politik. Yayasan Obor Indonesia.

Arsam. (2014). Olygopoli, kepemilikan media dan kebijakan negara. At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(1), 149–168. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/460/430

Auliya, H., & Rohman, M. (2021). Rating dan Peran Aktif Konsumen Media Dalam Politik. Sinda: Comperehensive Journal Of Islamic Social Studies, 1(2), 10–23. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/sinda.v1i2.607

Bogdan, R., & Taylor, S. (1992). Pengantar Metode Kualitatif. Usaha Nasional.

Denis, M. (2011). Teori Komunikasi Massa Mcquail Edisi 6 Buku 1. Salemba Humanika.

Dirgantara, A., & Pratama, A. M. (2024). MNC Group Jadi Media Penyelenggara Debat Capres Ketiga, Ini Kata TPN Ganjar. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2024/01/01/21062351/mnc-group-jadi-media-penyelenggara-debat-capres-ketiga-ini-kata-tpn-ganjar

Efriyandi, E., Endang SM, A., & Indria, I. (2020). Practices of Online Media Conglomeration. SENGKUNI Journal (Social Science and Humanities Studies), 1(2), 143–164. https://doi.org/10.37638/sengkuni.1.2.143-164

Garcia, A. C., Standlee, A. I., Bechkoff, J., & Cui, Y. (2010). Ethnographic Approachesto the Internet andComputer-MediatedCommunication. Journal of Contemporary Ethnography, 38(1), 263.

Gerbner, G. (1999). What Do We Know?. In. Shanahan, J. & Morgan, M. Television and Its Viewers: Cultivation Theory and Research. Cambridge University Press.

Griffin, E. M. (2003). A First Look at Communication Theory (5th ed.). McGraw Hill.

Hilmansyah, M. W. (2023). Spasialisasi dan Indikasi Konglomerasi Perusahaan Media Trans Corp. Media Bina Ilmiah, 18(3), 543–554. http://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/634

KBBI. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Peran (online). http://kbbi.web.id/main

Khamim, A. B. M., & Sabri, M. F. (2019). Konglomerasi Media dan Partai Politik: Membaca Relasi MNC Group dengan Partai Perindo. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 10(2), 112–136. https://doi.org/10.14710/politika.10.2.2019.112-134

Khoirunnisa, K., & Rusadi, U. (2023). Pola Perdagangan Politik dalam Media Evaluasi Ekonomi Politik terhadap MNC Media Group dalam Komodifikasi Keberpihakan Politik Political Trading Patterns in the Media: A Political Economy Evaluation of MNC Media Group in the Commodification of Political P. PROMEDIA (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI), 9(2). https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/download/7227/2708

Khumairoh, U. (2021). Dampak Konglomerasi Media Terhadap Industri Media Massa dan Demokrasi Ekonomi Politik di Era Konvergensi Media. Muqoddima: Jurnal Pemikiran Dan Riset Sosiologi, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.47776/mjprs.002.01.05

Kurniawan, I., & Dkk. (2013). Hakikat, Etika, dan Filsafat Komunikasi dalam Dinamika Sosial. PT Mahakarya Citra Utama Group.

Magoon, K. (2009). Media Censorship. Abdo Publishing.

Masduki. (2007). Regulasi Penyiaran: Dari Otoriter ke Liberal. PT. LKis Pelangi Askara.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Kencana.

Mosco, V. (2009). Political Economy Of Communication Second Editor. Sage Publication.

Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2(1), 51–64. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4198

Pembayun, J. G. (2015). Konglomerasi Media dan Dampaknya Pada Pilpres 2014. Jurnal Interaksi, 4(2), 109–116. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.4.2.109-116

Piliang, Y. A. (2004). Postrealis: Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika. Jalasutra.

Razali, G. (2019). Integrasi Media MNC Dalam Meningkatkan Efisiensi dan Kompetisi Pasar Bisnis Industri Penyiaran. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5390

Rianto, P., & Dkk. (2014). KEPEMILIKAN DAN INTERVENSI SIARAN: Perampasan Hak Publik, Dominasi dan Bahaya Media di Tangan Segelintir Orang. Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2Media).

Soekanto, S. (2002). Teori Peranan. Bumi Aksara.

Stephen, D. R., & Shoemaker, P. J. (2016). A Media Sociology for the Networked Public Sphere: The Hierarchy of Influences Model. Mass Communication and Society, 19(4), 389–410. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15205436.2016.1174268

The Conversation. (2024). Riset ungkap bentuk empat model afiliasi media dan politik di Indonesia.

Waku, F. (2024). MNC Group Jadi Penyelenggara Debat Capres 2024, TPN Ganjar Minta TKN Prabowo Ikuti Aturan KPU. Tribun News. https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2024/01/01/mnc-group-jadi-penyelenggara-debat-capres-2024-tpn-ganjar-minta-tkn-prabowo-ikuti-aturan-kpu

West, R., & Lynn H, T. (2017). Pengantar Teori Komunikasi 2 (5th ed.). Salemba Humanika.

Yasir. (n.d.). Konglomerasi Media dan Kepentingan Politik Pemilik. Perpustakaan Universitas Riau, 12.

Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-05-22

Issue

Section

Articles