PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Rifdah Rihhadatul Aisy STKIP PGRI SUMENEP
  • Lailatul Hasanah STKIP PGRI Sumenep
  • Nazwa Fenty Nurmalita STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1872

Keywords:

Teknologi Informasi, Media Pembelajaran, Motivasi Siswa

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana pengaruh penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur, dengan cara mengumpulkan data dan menganalisisnya dari berbagai sumber yang akurat seperti, buku, jurnal dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan teknologi informasi  dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dalam semua mata pelajaran. Selain untuk siswa, teknologi informasi juga dapat digunakan untuk guru. Penggunaan teknologi informasi mempermudah guru dan siswa untuk mendapatkan informasi secara cepat. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi informasi merupakan media yang sangat penting, juga mempermudah siswa dan guru untuk mencari dan mendapatkan informasi, selain itu juga dapat meningkatkan motivasi belajar mengajar.

References

Agustina, Menik Tetha, and Danang Afi Kurniawan. 2020. “Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Psikologi Perseptual 5(2): 120.

Ahmad, Novita, Rosman Ilato, and Boby R Payu. 2020. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jambura Economic Education Journal 2(2): 70–79.

Aina. 2019. “Analisis Hubungan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dengan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Informatika Global 10(1): 15–19.

Aini, K., Hidayatillah, Y., AR, M. M., Bahri, S., & Astuti, Y. P. (2023). Pelatihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Palongan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 659-669.

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).

Ar, M. M., & Aini, K. (2023). The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 122-134). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

AR, M. M. (2017). Implementasi pendidikan multikurtural melalui pendekatan nilai luhur budaya dan pancasila untuk membangun karakter mahasiswa dalam meghadapi arus globalisasi. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 89-101.

AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).

Armadi, A., AR, M. M., & Aini, K. (2022). Training and Coaching Strengthening Character Education Based On School Culture InThe Upper Class Of Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tamidung Batang-Batang. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144-151.

Astuti, Y. P. (2023). The Effect of the Cooperative Model With the Assistance of LKS on Class III Students' Learning at SDN Bumianyar II. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 399-414.

Astuti, Y. P., & Armadi, A. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL MELALUI PROGRAM ESKUL PUBLIC SPEAKING DI SDIT AL-WATHONIYAH. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6590-6602.

Astuti, Y. P., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Azizah, L. F. (2019). Mengembangkan Kemandirian dan Motorik Halus pada Siswa Down Syndrome di Sekolah Luar Biasa (Slb). Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 50-61.Learning in Secondary Schools. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 1(2).

CHOLI, A. (2023). Buku Ajar Problematika Bimbingan dan Konseling.

Damanik, Bahrudi Efendi. 2019. “Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar.” Publikasi Pendidikan 9(1): 46.

Damayanti, N. P. U. I., AR, M. M., & Aini, K. (2024). KETERKAITAN PEMBELAJARAN RAGAM GEOGRAFIS DAERAH DENGAN DIAGRAM VENN DAN BILANGAN BULAT. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 102-109.

Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). UTILIZATION OF ECO-LITERACY IN SCIENCE LEARNING AS A TEACHING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.

Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2022). Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Game Eleven Pieces Multiplication (GEPION) untuk Memudahkan Menghitung Perkalian pada Guru di Sekolah Dasar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 162-174.

Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.

Hair, A. 2022. “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Di SD Muhammadiyah 5 Samarinda.” Borneo Student Research (BSR) 3(2): 1607–14. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/2698/1206.

Hidayatillah, Y., AR, M. M., Astuti, Y. P., & Kumala, R. S. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1195-1201.

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.

Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.

Jamilah, J., Sukitman, T., & Fauzi, M. (2021). Opportunities and challenges of digital learning media during the covid-19 pandemic in primary school. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2).

Nurjanah, novita eka. 2021. “Kata Kunci:” Jurnal Ilmiah Potensia 6(1): 66–77.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526-535.

Sama, S., Bahri, S., & AR, M. M. (2022). Realizing creative innovative education through increasing digitalization skills in learning with canva media in the era of smart society 5.0. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-81.

Siregar, A. J. et al. 2022. “Pengaruh Kecakapan Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan, 16(1): 29–39.

Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).

Sukitman, T., & Ridwan, M. (2021). Strengthening a student's character in the era of society 5.0 in primary school. In Educational Innovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities (pp. 178-181). Routledge.

Tinambunan, Tedty Rohaya. 2020. “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal.” Jurnal Penelitian Kebidanan & Kespro 2(2): 5–10.

V. Anissa. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Bagi Siswa Kelas Xii Smkn 7 Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 8(2): 192–200.

Widianto, Edi. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2(2): 213.

Zainuddin, Z., Mulyadi, M., & Purwitasari, E. (2024). Optimalisasi Pemahaman Desain Pengelolaan Fasilitas Kelas melalui Kegiatan Bedah Kelas di Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Sumenep. Edu-Dharma, 2(2), 1-10.

Zainuddin, Z. (2021, December). Kepatuhan Pesantren terhadap Program Vaksinasi Nasional di Era New Nomal. In ICONIS: International Conference on Islamic Studies (Vol. 5, pp. 17-26).

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles