PENGUATAN LITERASI INFORMASI; BENTUK PENCEGAHAN BERITA HOAX DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Authors

  • Ach Syamsul Muarifillah STKIP PGRI Sumenep
  • Yulia Qur’aini STKIP PGRI SUMENEP
  • Fitri Saswani STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1874

Keywords:

Literasi Informasi, Teknologi Informasi, Berita Hoax, Edukasi dan Pelatihan

Abstract

Teknologi informasi dan Komunikasi merpakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang perkembangannya semakin pesat dari tahun ke tahun. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini sangat bermanfaat bagi setiap manusia jika digunakan dengan sebai-baiknya dalam keidupan. Namun ada beberapa manusia yang salah dalammenyalahgunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga yang biasanya menjadi sarana yang bermanfaat bagi manusia namun dijadikansuatu sarana untuk merugikan manusia. Seperti halnya penyebaran berita palsu atau informasi yang tidak benar-benar terjadi dengan cepat melalui sosial atau platform online yang dapat mempengaruhi opini publik dan mengganggu stabilitas sosial. Oleh karena itu penting kita mampu memerangi dan mencegah adanya berita palsu tersebut dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan sebaik-baiknya. penelitian ini bertujuan untuk menguatkan literasi informasi dan mengetahui peran teknologi informasi dan komunikasi terhadap pembelajaran serta mengetahui solusi terhadap pemberantasan berita palsu

References

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).

Aisyah, I. M., & Lestari, A. S. B. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Penerapan LPKD Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IX SMPN 4 Pasuruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30254-30259.

Ar, M. M., & Aini, K. (2023). The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 122-134). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

AR, M. M. (2017). Implementasi pendidikan multikurtural melalui pendekatan nilai luhur budaya dan pancasila untuk membangun karakter mahasiswa dalam meghadapi arus globalisasi. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 89-101.

Armadi, A., AR, M. M., & Aini, K. (2022). Training and Coaching Strengthening Character Education Based On School Culture InThe Upper Class Of Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tamidung Batang-Batang. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144-151.

Arum, A. P., & Nugroho, M. A. (2017). Perancangan sistem informasi akuntansi penerimaan kas berbasis web pada batik pramanca. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 27-49.

Astajaya, I. K. M. (2020). Etika komunikasi di media sosial. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya, 15(1), 81-95.

Astuti, Y. P. (2023). The Effect of the Cooperative Model With the Assistance of LKS on Class III Students' Learning at SDN Bumianyar II. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 399-414.

Astuti, Y. P., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Azizah, L. F. (2019). Mengembangkan Kemandirian dan Motorik Halus pada Siswa Down Syndrome di Sekolah Luar Biasa (Slb). Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 50-61.Learning in Secondary Schools. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 1(2).

Bafadhal, O. M., & Santoso, A. D. (2020). Memetakan pesan hoaks berita COVID-19 di Indonesia lintas kategori, sumber, dan jenis disinformasi. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 235-249.

Basri, H., Jannah, U. R., Nuritasari, F., & Yahya, A. (2021). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa pada masalah dengan informasi yang kontradiksi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 63-78.

CHOLI, A. (2023). Buku Ajar Problematika Bimbingan dan Konseling.

Damayanti, N. P. U. I., AR, M. M., & Aini, K. (2024). KETERKAITAN PEMBELAJARAN RAGAM GEOGRAFIS DAERAH DENGAN DIAGRAM VENN DAN BILANGAN BULAT. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 102-109.

Faedlulloh, D., & Duadji, N. (2019). Birokrasi dan Hoax: Studi Upaya Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara di Era Post-Truth. Jurnal Borneo Administrator, 15(3), 313-332.

Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). UTILIZATION OF ECO-LITERACY IN SCIENCE LEARNING AS A TEACHING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.

Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2022). Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Game Eleven Pieces Multiplication (GEPION) untuk Memudahkan Menghitung Perkalian pada Guru di Sekolah Dasar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 162-174.

Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.

Hayati, H. N., & Yoedtadi, M. G. (2020). Konstruksi berita COVID-19 di Kompas. com dan Tribunnews. com. Koneksi, 4(2), 243-250.

Hidayatillah, Y., AR, M. M., Astuti, Y. P., & Kumala, R. S. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1195-1201.

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.

Ismail, I., & Aminah, S. (2021). Pengaruh Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Data Akurat Secara Mandiri (SIDASRI) Terhadap Pengelolaan Kenaikan Pangkat Pada Jabatan Fungsional Guru Smp Di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Jurnal Ada Na Gau: Public Administration, 2(2), 659-676.

Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.

Jamilah, J., Sukitman, T., & Fauzi, M. (2021). Opportunities and challenges of digital learning media during the covid-19 pandemic in primary school. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2).

Nur, H. (2019). Penggunaan metode waterfall dalam rancang bangun sistem informasi penjualan. Generation Journal, 3(1), 1-10.

Rahma, M., Yulis, E., Pratiwi, N., Susanto, R., Syofyan, H., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 97-105.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526-535.

Sama, S., Bahri, S., & AR, M. M. (2022). Realizing creative innovative education through increasing digitalization skills in learning with canva media in the era of smart society 5.0. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-81.

Santoso, A. M., & Arif, S. (2021). Efektivitas model inquiry dengan pendekatan STEM education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73-86.

Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).

Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles