ANALISIS PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA

Authors

  • Moh Fahrus Shadikin STKIP PGRI SUMENEP
  • Dodik Sugianto STKIP PGRI Sumenep
  • Wirah Ayu STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1878

Keywords:

Anak Usia 4-5 Tahun; Fisik Motorik; Senam Irama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengaruh kegiatan rutin senam irama di TK Miftahul Ulum terhadap perkembangan fisik motorik peserta didik di kelas TK B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diambil atau dilakukan dengan cara mengamati peserta didik ketika melakukan kegiatan senam irama di sekolah, dan wawancara terhadap kepala sekolah, serta melakukan pengamatan dari hasil perkembangan fisik motorik anak yang telah diampu. Adapun analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data terlebih dahulu, reduksi data sehingga memperoleh kesimpulan. Senam irama mempunyai peran yang tinggi terhadap perkembangan fisik motorik anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian ini seluruh peserta didik di kelas TK B semangat dalam mengikuti kegiatan senam irama tersebut. Sehingga, nilai motorik kasar anak berkembang dengan baik, dan dapat dikatakan juga bahwa senam irama sudah cukup mewakilkan dalam media stimulasi anak.

References

Adirasa, H. P. (2021). Metodologi Penelitian: Panduan Praktis Penelitian Masa Kini.

Annisa, S.I. & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Journal Of Social Science Research. 3(2). 6469-4246.

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).

Ar, M. M., & Aini, K. (2023). The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 122-134). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

AR, M. M. (2017). Implementasi pendidikan multikurtural melalui pendekatan nilai luhur budaya dan pancasila untuk membangun karakter mahasiswa dalam meghadapi arus globalisasi. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 89-101.

Armadi, A., AR, M. M., & Aini, K. (2022). Training and Coaching Strengthening Character Education Based On School Culture InThe Upper Class Of Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tamidung Batang-Batang. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144-151.

Astuti, Y. P. (2023). The Effect of the Cooperative Model With the Assistance of LKS on Class III Students' Learning at SDN Bumianyar II. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 399-414.

Astuti, Y. P., & Armadi, A. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL MELALUI PROGRAM ESKUL PUBLIC SPEAKING DI SDIT AL-WATHONIYAH. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6590-6602.

Astuti, Y. P., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Azizah, L. F. (2019). Mengembangkan Kemandirian dan Motorik Halus pada Siswa Down Syndrome di Sekolah Luar Biasa (Slb). Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 50-61.Learning in Secondary Schools. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 1(2).

Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education. 1(1). 51-58.

CHOLI, A. (2023). Buku Ajar Problematika Bimbingan dan Konseling.

Damayanti, N. P. U. I., AR, M. M., & Aini, K. (2024). KETERKAITAN PEMBELAJARAN RAGAM GEOGRAFIS DAERAH DENGAN DIAGRAM VENN DAN BILANGAN BULAT. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 102-109.

Djam’an Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I. (2013). Metode Penellitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2022). Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Game Eleven Pieces Multiplication (GEPION) untuk Memudahkan Menghitung Perkalian pada Guru di Sekolah Dasar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 162-174.

Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.

Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak. 9(2). 118-123.

Hidayatillah, Y., AR, M. M., Astuti, Y. P., & Kumala, R. S. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1195-1201.

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.

Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.

Jamilah, J., Sukitman, T., & Fauzi, M. (2021). Opportunities and challenges of digital learning media during the covid-19 pandemic in primary school. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2).

Maghfiroh, S.T. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Care. 8(1). 2527-9513.

Margareta, R.T.E., Ismanto, B., & Sulasmono, B.S. (2018). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Peserta Diik Berdasarkan Delta Model. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(1). 2549-9661.

Novianti, I., & Arti, E. S. (2020). Pengaruh Permainan Lempar dan Tangkap Bola Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Kartini Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). 3(2). 66-74.

Rahman, KI, dan Khadijah (tahun 2023). Bagaimana Mengoptimalkan Perkembangan Fisik dan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 429-437.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526-535.

Sama, S., Bahri, S., & AR, M. M. (2022). Realizing creative innovative education through increasing digitalization skills in learning with canva media in the era of smart society 5.0. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-81.

Sholihah dan Pertiwi (2020). Kelompok B di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember Melakukan Senam Irama untuk Meningkatkan Motorik Kasar. Journal of Early Childhood and Inclusive Education (JECIE), Volume 4(1), hlm. 1-8,

Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).

Sukitman, T., & Ridwan, M. (2021). Strengthening a student's character in the era of society 5.0 in primary school. In Educational Innovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities (pp. 178-181). Routledge.

Syaifuddin, M., & Amirullah, A. (2020). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Home Visit (Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 107-117.

Ulfah, A.A., Dimyati., & PutraJames A. (2021). Analisis tentang penggunaan senam irama untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini Obsession Journal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 1844–1852.

Yusuf, L N, Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zainuddin, Z. (2021, December). Kepatuhan Pesantren terhadap Program Vaksinasi Nasional di Era New Nomal. In ICONIS: International Conference on Islamic Studies (Vol. 5, pp. 17-26).

Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.

.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles