MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Arina Izzatanur Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Reza Rachmadtullah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.2106

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, self directed learning, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Responden penelitian adalah 50 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Afandi, M., Wahyuningsih, S., Yustiana, S., Kusumadewi, R. F., & Rachmadtullah, R. (2023). Correlation of Work Discipline and Pedagogical Competence to Teaching Performance in Elementary Teacher. International Journal of Instruction, 16(4).

Al Amin, Y., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 49–65.

Arfani, F., Retno, R. S., & Laksana, M. S. D. (2023). Pengaruh model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) terhadap keterampilan menulis pentigraf siswa kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 436–444.

Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257.

Bahtiar, B., & Maimun, M. (2022). Pengaruh model Discovery Learning melalui kegiatan praktikum IPA Terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134–142.

Firno, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA NEGERI 6 KUPANG. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, 41–48.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183.

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 49–57.

Mariadi, M., Surawan, S., & Monalisa, M. (2022). Analisis Pemberdayaan Potensi Siswa Melalui Model Self Directed Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Annaba, 8(2), 253–267.

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan Hyflex Learning berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120.

Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Rasmitadila, R., & Syamsi, A. (2024). Teacher Perceptions in Implementing Religious Character Education in Elementary Schools. KnE Social Sciences, 139–147.

Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher’s Perception of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary School. KnE Social Sciences, 202–209.

Rachmadtullah, R., Purnaningrum, E., & Suharni, S. (2023). Elementary School Students’ Perceptions of STEM-Based Mobile Learning Applications. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(2).

Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2023). Elementary school teachers’ perceptions of the potential of metaverse technology as a transformation of interactive learning media in Indonesia. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(1), 128–136.

Rahmaningrum, H., & Suprijono, A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 2 TRENGGALEK. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13, 18.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic: Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1), 2213612.

Reza, R., Bramianto, S., Andarmadi, J. A. W., Jatu Wahyu, W., & Rasmitadila, R. (n.d.). The utilization of metaverse technology applications based on science, technology, engineering and mathematics (Meta-STEM) to improve critical thinking skills. Journal of Education and E-Learning Research.

Rohana, S., Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Project Based Learning Model on Critical Thinking Ability Seen from Cognitive Style in Elementary Schools. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 24–34.

Rosalinda, L., Oktarina, R., Rahmiati, R., & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika.

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan model discovery learning dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students’ Science Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory & Practice, 23(10).

Suatini, N. K. A. (2019). Langkah-langkah mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 2(1), 41–50.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Zafri, D. E., Rizki, L. M., & Zulhendri, Z. (2023). Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Self Directed Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 116–124.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir kritis dalam konteks pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

2024-07-12

Issue

Section

Articles