PENGARUH HARGA DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BAKSO PRESIDENT MALANG

Authors

  • David Orlando Politeknik Negeri Malang
  • Ita Rifiani Permatasari Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.2250

Keywords:

Harga, Citra Produk, Keputusan Pembelian, Bakso President

Abstract

Dunia bisnis telah maju dan berkembang belakangan ini. Agar dapat bersaing dengan usaha lain dalam persaingan yang ketat, pelaku usaha perlu memiliki keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra Produk secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian ada Bakso President Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel Harga, Citra Produk, dan Keputusan Pembelian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden. Hasil pengujian hipotesis secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa Harga dan Citra Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Harga dan Citra Produk merupakan salah satu alasan konsumen Bakso President dalam memutuskan pembelian. Karena dibuktikan dengan hasil bahwa Harga dan Citra Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

References

Arif Fakhrudin. (2020). Citra Perusahaan, Citra Pemakai, Citra Produk Terhadap Loyalitas Konsumen STTKD Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, Vol. 13, No.1.

Cicih Ratnasih, S. N. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Mie Sedaap Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perumahan Pekayon Bekasi Selatan. Jurnal Manajemen, Vol. 07. No. 2, pp. 2-14.

Herman et.al. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan MR. K Cafe Cabang Jl. Ki Mangunsarkoro 15 Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 7, No. 4.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran & Kepuasan Konsumen. Surabaya: Unitomo Press.

Kholilah, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer Pada Syaqia Pesta Perawang Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Kwik Kian Gie, (2023). 10 Strategi Pemasaran, Pengertian Dan Fungsi, online. Tersedia di, https://kwikkiangie.ac.id/home/2023/09/29/10-strategi-pemasaran-pengertian-dan-fungsi, diakses tanggal 27 juli 2024

Ragatirta &Tiningrum. (2020). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, Vol 7, No 2.

Darmawan, D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016. Dalam Efendi, Prinsip-prinsip Pemasaran. Andi Yogyakarta, 2015.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

Sutiyono, R., & Baruna Hadibrata. 2020. “The Effect of Prices, Brand Images, And After Sales Services Reunforced Bar Steels Products on Consumer Purcasing Decisions of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing”. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 1(6).

Sudirman, A, dkk. 2020. “Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek”. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3).

Pusparisa. “Harga Jadi Pertimbangan Utama Konsumen Membeli Produk Daring”. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/17/harga-jadi- pertimbangan-utama-konsumen-membeli-produk-daring, diakses tanggal 25 Februari 2023.

Downloads

Published

2024-07-26

Issue

Section

Articles