PENGARUH KUALITAS LAYANAN, REPUTASI PERUSAHAAN DAN TEKNOLOGI BIOMETRIK TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.2402Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, reputasi perusahaan dan teknologi biometrik terhadap kepercayaan nasabah pada Bank Syariah Indonesia di Kota Medan. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 97 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria nasabah berusia minimal 17 tahun, sudah menjadi nasabah BSI minimal 3 bulan dan nasabah yang memiliki aplikasi BSI. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kualitas layanan, reputasi perusahaan dan teknologi biometrik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Secara parsial, kualitas layanan, reputasi perusahaan dan teknologi biometrik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah pada Bank Syariah Indonesia di Kota Medan. Dan berdasarkan koefisien determinasi variabel independen mampu memengaruhi variabel dependen sebesar 68,5%.
References
Adhi Prakosa, dan Ahsan Sumantika. 2019. “Analisis Pengaruh Persepsi Teknologi Dan Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan Pengguna M-Banking.”
Afrizal, Saparuddin Siregar, dan Sugianto. 2022. “Studi Literatur Kritis Risiko Reputasi Pada Manajemen Risiko Perbankan Syariah.” Jurnal EMT KITA 6 (1):147–57. doi: 10.35870/emt.v6i1.548.
Afwan Hafizh, Tri Inda Fadhila Rahma, dan Nurul Jannah. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Nasabah Mobile Banking BSI Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.” doi:10.30868/ad.v7i02.5133.
Ahmad Fatih Ubaidillah, Dedi Irawan, dan Imron Khasani. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Nasabah Bank.” Vol. 1. Online.
Anis Halimah. 2017. “Pengaruh Syariah Marketing, Service Excellence Dan Reputasi Terhadap Kepercayaan Nasabah Tabungan Mudharabah (Studi BMT ZAM ZAM Sragen).”
Bashir Ahmad Fida, Umar Ahmed, Yousuf Al-Balushi, dan Dharmendra Singh. 2020. “Impact of Service Quality on Customer Loyalty and Customer Satisfaction in Islamic Banks in the Sultanate of Oman.” SAGE Open 10(2). doi: 10.1177/2158244020919517.
Burns, A. C., A. Veeck, dan R. F. Bush. 2020. Marketing Research.
Candra Irawan, Ade Tjahjaningsih, dan Endang. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepercayan Serta Dampaknya Pada Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank Syariah Mandiri Cabang Kendal).”
Cindy Rahmawati, Della Fitriani, Fadillatul Haira, dan Maya Panorama. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan, Kepercayan, Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Muamalat Kantor Cabang Palembang).” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 1(7):1073–88. doi: 10.54443/sibatik.v1i7.123.
Dewi Reni, dan Siri Asmawati. 2016. “Kualitas Pelayanan Frontliner Dan Kepuasan Nasabah.”
Dita Marisa, Tuti Anggraini, dan Rahmi Syahriza. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Jiwa Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMI PUTERA Cabang Medan).”
Fathiyah Rifqul ‘Ulya. 2022. “Analisis Penerimaan User Terhadap Penggunaan Teknologi Otentikasi Biometrik Pada TASPEN Otentikasi Menggunakan Pengembangan UTAUT 2.”
Femi Oktaviani, Reza Rizkina T, dan Selli Dewi Septiani. 2020. “Aktivitas Komunikasi Public Relations Dalam Menjaga Reputasi Perusahaan.” Vol. 8.
Ghozali, I. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 6 Edisi 10.
Gujarati, N. D. 2009. Ekonometrika.
Nurul Husnah. 2023. “Pengaruh Layanan Prima Dan Reputasi Bank Terhadap Kepercayaan Nasabah (Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Sepinggan).” 1(2):207–22.
Mawar Indah, Wicaksana Dwi Prasetyo, dan Nurbaiti. 2023. “Analisis Keamanan Sistem Informasi Mobile Banking Terhadap Nasabah Studi Kasus: Bank Rakyat Indonesia (BRI).” Vol. 2.
J Jeany. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR Artha Prima Perkasa.”
Muh Edo Aprillia Andilala, Fitra A Bachtiar, dan Mochamad Chandra Saputra. 2018. “Analisis Pengaruh Harga, Persepsi Ukuran, Persepsi Reputasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online (Studi Kasus : GO-JEK Indonesia).” Vol. 2.
Diah Puspaningrum, Setyo Adji, dan Naning Kristiyana. 2019. “Pengaruh Penerapan Sisten Absensi Fingerprint, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan.” Vol. 3.
Rahayu. 2018. “Pengaruh Service Excellent Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: BNI Syariah KC Semarang).” Retrieved July 3, 2024.
Rambat Lupiyoadi. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa.
Ricky Caesar. 2023. “Sistem Teknologi Biometrik: Cara Kerja, Jenis, dan Manfaat.” Retrieved July 3, 2024 (https://appsensi.com/biometrik-adalah/).
Saparso Wahyoedi. 2019. “Loyalitas Nasabah Bank Syariah: Studi Atas Religitas, Kualitas Layanan, Trust Dan Loyalitas.” Retrieved July 3, 2024.
Situmorang, S. H. 2017. Riset Pemasaran.
Situmorang, S. H. 2023. Analisis Data Edisi Kelima.
Sri Mahargiyantie. 2020. “Peran Strategis Bank Syariah Indonesia Dalam Ekonomi Syariah Di Indonesia.” Retrieved July 3, 2024.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif.
Joshua Tandiono, Brata Wibawa Djojo, Sevenpri Candra, dan Pantri Heriyati. 2020. “Finding Customer Perception of Peer-to-Peer (P2P) Lending Financial Technology in Pohon Dana.” Binus Business Review 11(1):51–58. doi: 10.21512/bbr.v11i1.6014.
Yunaz, Haswan. 2022. “Influence of Customer Relation Management, Service Quality on Customer Trust.” Journal of Business and Social Review in Emerging Economies 8(3).
Zulfikri Charis Darmawan, dan Ahmad Ajib Ridlwan. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah.” Al-Tijary 3(2):107. doi: 10.21093/at.v3i2.1096
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.