IMPLEMENTASI MEDIA RODA SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMULA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i5.2559Keywords:
Implementation of syllable wheel media, beginner reading among studentsAbstract
The problem in this research is the implementation of syllable wheel media to improve
beginner reading among students at Elementary School (SD). How to implement the implementation of
the syllable wheel media to improve the reading of beginner students. This research aims to find out
how the syllable wheel is implemented to improve students' beginner reading and to find out the
supporting and inhibiting factors in the use of syllable wheel media. This type of research uses
descriptive qualitative field research. The subjects of this research were teachers and students of
Madrasah Ibtidaiyah Andalusia. There are 3 data collection techniques used in this research, namely,
interviews, observation and documentation. Based on research conducted, the implementation of the
syllabic wheel media has an important role for students in improving beginner reading at Madrasah
Ibtidaiyyah Andalusia.
References
Abdullah, B. M., Nasution, F. H., & Parapat, K. M., Ramadahani R, Hasibuan S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa DI SD Negeri 060928 Medan. 2. Jurnal Pendidikan Islam,2(2),209-210.
Apriyani R, Hersusini, Hidayati N, Soulisa I, Rosfiani O, Khdijah I, Wahyuni R, S, Rahmawati Y, Mustawir, Chadijah S, Sutisnawati A, Fatma, Ihsan M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia.Desa Bojong Emas: Widina Bhakti Persada Bandung.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Anggraeni, N. P., & Pujiastuti, A. U. (2021). PENERAPAN METODE SUKU KATA (SYILLABIC METHOD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACAPERMULAAN PADA KELAS 1 SDN KALIWATES. JTIEE, Vol 5 No. 2, Des 2021, 5(2), 83–90.
Bahrum, Masita. (2023). Belajar Membaca Menggunakan Media Kartu Duduk Suku Kata Bergambar. Penerbit Pai
Bellakarina, N. A., & Yuliyati. (2018). Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Kema mpuan Membaca Permulaan Siswa Tunarungu di SLB Al Hidayah Caruban. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1–15.
Budiman, B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(2), 149. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2098
Dewi, Y. T., Ardyaputri, S. R., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2022). Penerapan Metode Suku Kata Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Sd Sunan Giri Ngebruk. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 780–785. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2428
Furoidah, R. R. F., & Rohinah. (2019). Implementasi Metode Suku Kata (Syllabic Method) dalam Pembiasaan Membaca Awal Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan. Proceedings of The 4th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 4, 515–526. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece2
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270.https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417 Suleman J, Ismaliyah E, P, N. (2021). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Sosial Review,
(3), 275–281. https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971
Guntu M, Rahayu E, P, Ilise R, N, Setyawati N, S, Santi N, Sangia R, A, Isroani F, Isniwati,Fono Y. M. (2023). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Selat media patners.
Halawa, A., Zebua, J. N., Gea, M. K., & Bawamenewi, A. (2023). Analisis Penggunaan Media Gambar dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Lotu. Journal on Education, 06(01), 6290–6295. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3844%0Ahttps://jonedu.org/ind ex.php/joe/article/download/3844/3187
Hapsari, Y, D, Rahmanawati, S, A, Sani, F, A, Baskoro, A, F, Nadia, S, Lestari, R, (2023). Pengaruh netode pembelajaran praktek dan ceramah pada pembelajaran seni kelas III SD 6 Bukungkulon, jurnal ilmiah profesi guru,4(2),137-145.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23–29. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/32
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307.
Hasibuan, F. H. (2022). Pembelajaran Tematik.Koto Baru: Hak Cipta.
Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2020). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia ini. Journal of Science Education Research, 5(4), 11–14.
Hidayati H, (2022), belajar dan pembelajaran dalam metode ceramah, jurnal thesis commons,1-10.
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94
Ikhwan, A. Sweety M, Maharani, S., Gunawan, J., & Abdillah, M. D. (2023). Perancangan Aplikasi Interaktif Pengenalan Suku Kata Menggunakan Adobe Flash Pada Sekolah SD. Jurnal Hasi Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Eksakta,2(1),76–80. http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jppie/article/view/711%7B%5C%25%7D 0Ahttp://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jppie/article/download/711/453
Kirom A, (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural.Jurnal yudharta, 3(1),70. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8361
Krissandi S, D, A, Widharyanto B, Dewi P, R. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD (Pendekatan Dan Teknis). Bekasi: Media Maxsima.
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor- Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4) 2611–2616. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1278
Mahisrani, Sinaga, A. I., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 218–235. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9955
Manguni, D. W. (2022). Teknik Membaca Scanning dalam Pengembangan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika Anak di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 59–70. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/818%0A https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/download/818/674
Marlini C, Rismawati. (2019). PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 277–289.
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892
Muslima & Ahmad. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Nadirahsyahla S, Fauzi T, Andriani D. (2022). Pengaruh Permainan Bowling Huruf terhadap Kemampuan Menganal Kata Pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education, 5(3)
Nahason Bastin. (2022). Keterampilan Literasi Membaca Dan Menulis. Sidoarjo: Nahason Bastin publishing (online).
Noviyanti, A., Abadi, R. F., & Utami, Y. T. (2021). Penggunaan media roda putar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak dengan hambatan intelektual ringan. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 6(2), 101. https://doi.org/10.30870/unik.v6i2.12989
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907
Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235
Nurdiyana T, Indriyani P, D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Dalam Seni Kolaborasi. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Nurinsana ST, Djafar H, Rosdiana. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Dan Konsobab Peserta Didik Kelas I SDN Oheo Kab.Konawe Utara.Primer edukasi jurnal.3(2).50-52.
Nurlela, M. P. F., & Al Mufti, A. Y. (2023). Pengenalan Media Roda Suku Kata Untuk Membantu Keterampilan Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 125–132. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.862
Prana, Iswara D. (2014). Teknik Membaca Buku Membuka-buka Buku. Sumedang: Upi Sumedang Pres.
Putri A, Rambe N, R, Nuraini I, Lilis, Lubis R, P, & Wirdayani R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62.
Putri, M, Nurlela, F, Mufti A, Y, (2023),Pengenalan media roda suku kata untuk membantu keterampilan membaca permulaan sekolah dasar,jurnal pengajaran sekolah dasar,2(2) 125-132.
Rahmadhani, W., & Dahlan, Z. (2023). Internalisasi Nilai Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 351–360.
Rahmawati N, Rahmi, Mutiara H, S, Awaliyah S, N, Jaiz A. (2022). Pengembangan Roda Suku Kata Untuk Pembelajaran bAHASA Indonesia Kelas II. Jurnal penelitian pendidikan bahasa indonesia,0435, 23–33.
Rambe A, H. (2021). Media Dan Sumber Belajar Di MI SD.
Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1).
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif.Jurnal Aladrahah.17(33), 81–95.
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129
Riyanti, A. (2021a). Kerampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.
Riyanti, A. (2021b). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.
Rusandi, & Rusli M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Salim, H. (2019a). Penelitian Pendididkan Metode, Pendekatan Dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Salim, H. (2019b). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan Dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, I. F., Afifah, N. P. N., Herdiansyah, R. F. P., & Prihatini, P. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(02) 11943–11950.
https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5003
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/690
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 311.
Siburian, L. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Oleh Mahasiswa Pgsd Semester Ii Kelas 3 Unika Santo Thomas Sumatera Utara. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 81–87. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9821
Simbolon, R. (2019). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448
Siti A. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37.
Sitti A, Zuraida, Emilda. (2020). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi.Banda Aceh: Lembaga Kita.
Sofah L, Rukmi A. S. (2013). Penerapan teknik Scanning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Sidoarjo.Jurnal mahasiswa surabaya,1(2).
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Sumirhasono M, R, Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran.Mataram:CV Pusata Abadi
Syarif I, A, Utomo E, & Prihartanto E. (2021). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Tarakan.Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 225–232. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.604
Susanto, H, Widiyanto, S, (2023). Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode jigsaw pada mata pelajaran ips kelas V DI Sekolah Dasar, jurnal pgmi,6(2) 190-198.
Suyanto, Tri Pujianti, Didah Nurhamidah, L. S. F. (2017). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Penerbit in media.
Suyanto, Tri Pujianti, Didah Nurhamidah, L. S. F. (2017). Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Bahasa. Bogor: Penerbit in media.
Wati T, I, K. (2018). Pengaruh Bahasa Shord Message Service (SMS) Dalam Tatanan Bahasa Indonesia. Ilmu Sosial, 1–11.
Wirabumi, R, (2020). Metode pembelajaran cermah, jurnal pendidikan,1(1),105-113.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran Ips. Medan: Perdana Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.