Integrasi Tarbiyah, Talim dan Ta’dib : Pilar Utama Pendidikan Islam

Authors

  • Andhin Sabrina Zahra UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Shofiatul Widad UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Isabella Auralia Salsabila UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.2819

Keywords:

Pendidikan Islam, Ta’dib, Ta’lim, Tarbiyah

Abstract

Pendidikan Islam memiliki konsep dan tujuan khas yang berfokus pada pembentukan individu yang seimbang antara aspek spiritual dan intelektual. Pendidikan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer ilmu, tetapi juga sebagai proses pembentukan karakter sesuai nilai-nilai Islam. Tiga konsep utama dalam pendidikan Islam adalah tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib. Tarbiyah menekankan pembinaan kepribadian yang utuh, mencakup aspek mental, moral, dan spiritual. Ta’lim berfokus pada pengajaran ilmu secara sistematis, sementara ta’dib menitikberatkan pada pembentukan akhlak dan adab. Integrasi ketiganya menghasilkan sistem pendidikan yang menyeimbangkan prestasi akademik dan kualitas moral. Meskipun tantangan modernisasi dan globalisasi sering muncul, pendidikan Islam tetap berpotensi membentuk generasi berkarakter kuat, kompetitif, dan siap menghadapi tantangan zaman dengan nilai-nilai Islami.

References

Abdiyantoro, Restu, Novita Sari, and Amrullah Amrullah. “Pemahaman Guru Pada Konsep Tarbiyah, Ta’lim, Dan Ta’dib Dalam Pembelajaran Untuk Pembentukan Karakter.” Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 2, no. 2 (2024): 11–20.

Azahra, Fatma. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Ghazali.” Indonesian Research Journal On Education 3, no. 1 (2022): 772–85. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.331.

Bakar, M Yunus Abu. “PROBLEMATIKA ONTOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM (Mencari Hakikat Pendidikan Islam).” Media Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2014): 10–22.

Cahyani, Desi Yati Wulan, and M Yunus Abu Bakar. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 2 (2024): 112–22. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.6169.

Harahap, Sri Wahyuni, Asnil Aidah Ritonga, Ahmad Darlis, Hotmasarih Harahap, and Riwayat Artikel. “Analisis Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an.” Instructional Development Journal (IDJ) 5, no. 3 (2023): 201–8. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ/article/view/19951.

Iqbal, Muhammad, Achfa Yusra Panjaitan, Eka Helvirianti, Nurhayati Nurhayati, and Qorina Syahbila Putri Ritonga. “Relevansi Pendidikan Karakter Dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berkarakter Islami.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 3 (2024): 13–22. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.568.

Jalaluddin. “Teologi Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada” VI, no. 2 (2023): 81.

Juariah, Siti. “Paradigma Pendidikan Islam Dan Pengembangan Sumber Daya Insani Dalam Membentuk Etika Dan Karakter Dalam Masyarakat Islam.” Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 65–71.

Keluarga, Pendidikan, and D I Era. “Jurnal Tarbiyah Almuslim Vol . 1 No . 2 Desember , 2023 : 95-108” 1, no. 2 (2023): 95–108.

Konsep, At-tarbiyah Sebagai, and Pendidikan Dalam. “Nur’A, Sugiati, M.Arya D, Wahyudi, Sinta R: At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan Dalam Islam” 6, no. 1 (2020): 88–104.

Lim, T A, Tarbiyah Dan, and T A Dib. “AL-ANSOR : JURNAL PENDIDIKAN” 1 (2024).

Musthafa, Ali, and M. Yunus Abu Bakar. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Azyumardi Azra Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Perguruan Tinggi.” Islamika 5, no. 1 (2023): 336–58. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2821.

Nurwahid Ihsanudin. “PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADITS; Kajian Konsep Al-Tarbiyah, Al-Ta´lim, Al-Ta´dib Dan Al-Tazkiyah.” Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 17, no. 2 (2023): 795–803. https://doi.org/10.55558/alihda.v17i2.74.

Pendidikan, Dosen, Agama Islam, Ftk Iain Raden, and Intan Lampung. “Tujuan Pendidikan Islam Imam Syafe’I.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. November (2015): 151–66.

Pulungan, M. Asymar A. “Konsep Dasar Pendidikan Dalam Islam: Ta’lim, Tarbiyah, Dan Ta’dib.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 3 (2022): 247–56. https://www.e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/41/37.

Rahman, Abdul. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi - Materi.” Eksis 8, no. 1 (2012): 2053–59.

Rahman, Arif. “Dinamika Pendidikan Islam: Tantangan Dan Inovasi Di Era Globalisasi.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2024): 76–85.

Rahman, Fathur, and Adelia Wahyuningtyas. “Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digitalisasi.” Journal on Education 05, no. 02 (2023): 2353–68. http://jonedu.org/index.php/joe.

Ridwan, Muhammad. “Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018): 26–44. https://doi.org/10.31538/nazhruna.v1i1.97.

Sugeng Prianto, Darwin Hamisi, and Evi Octaviana. “Metode Pendidikan Agama Islam Dalam Al-Qur’an.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021): 118–27. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i2.45.

Tarigan, Giva Nisa Pangesti Br, Rezxi Limbong, Wika Wiryanti Siregar, and Azizah Hanum OK. “Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa 1, no. 3 (2022): 99–110.

Trinurmi, Sitti. “Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 2, no. 1 (2015): 57–68. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/2562/2402.

Yanti, Elly Rahmah, Farhandika Ilham Prasetyo, and M Yunus Abu Bakar. “Foramadiahi : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman Upaya Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam Masyarakat Madani PENDAHULUAN Pendidikan Menempati Posisi Penting Dalam Kehidupan Manusia . Mengingat Akan Pentingnya Hal Itu , Maka Islam S” 16, no. 01 (2024): 15–25. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v16i1.899.

Yumni, Auffah. “Menguatkan Eksistensi Majlis Ta’lim Dalam Pendidikan Islam.” Nizhamiyah 10, no. 2 (2020): 42–51.

Downloads

Published

2024-11-09

Issue

Section

Articles