Akar Filsafat Pendidikan Islam Melalui Pemikiran Socrates, Plato Dan Aristoteles.

Authors

  • Intan Dwi Safitri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Samrotul Choiriah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M.Khoirul Huda Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M.Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.2882

Keywords:

Filsafat, Pendidikan, Spiritualisme

Abstract

Filsafat pendidikan Islam, sebagai sebuah disiplin ilmu yang mendalami landasan berpikir tentang pendidikan dalam perspektif Islam, memiliki akar sejarah yang panjang dan kompleks. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji latar belakang historis munculnya filsafat pendidikan Islam dengan menelusuri perkembangan filsafat spiritualisme kuno serta pemikiran para filsuf terkemuka seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles. Ketiga filsuf tersebut telah memberikan kontribusi yang sangat berharga dalam pengembangan konsep-konsep dasar pendidikan seperti pengetahuan, kebenaran, kebaikan, dan tujuan hidup manusia. Filsafat merupakan ilmu yang mengandung tentang hasil dari penelitian dan berkaitan dari pertanyaan para filosofis. Dalam pengambilan data ini melalui metode kualitatif deskriptif yakni dengan cara menelaah, menafsirkan dan mendeskripsikan pemikiran tiga tokoh utama filsuf yang masyhur tersebut.

References

Agustiani, Sari, Abd Haris, and Rosichin Mansur. “Pendidikan Menurut Perspektif Tokoh Filsuf Barat.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 6, no. 2 (2023): 816–23.

Arifiyanto, Muhammad Naufal, Ainul Masruroh, Abid Zamzami, Shohib Muslim, Setiawan Nurdayasakti, I Nyoman Gede Remaja, Lucas Prakoso, Sisca Utami Damayanti, Siti Awaliyah, and Gunawan Hariyanto. Anotasi Pemikiran Hukum: Dalam Perspektif Filsafat Hukum. Universitas Brawijaya Press, 2016.

Asror, Moh, M Yunus Abu Bakar, and Ah Zakki Fuad. “Modernisme Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis Dan Relevansinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8, no. 1 (2023): 35–52.

Faizah, Luluk Nur. “Filsafat Islam Dan Hubungannya Dengan Filsafat Masehi, Yunani, Modern.” Jurnal Al-Makrifat 2, no. 2 (2017).

Hamdi, Sabiatul, Muslimah Muslimah, Khabib Musthofa, and Sardimi Sardimi. “Mengelaborasi Sejarah Filsafat Barat Dan Sumbangsih Pemikiran Para Tokohnya.” Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (2021): 151–66.

Harahap, Afrohul Ishmah. “Zaman Yunani Kuno (6 SM-6 M),” n.d.

Kartini, Kartini, Siti Zahra, Rama Sandy Permana, Inayah Sajida, M Sholehuddin Al-Qadri, Rifqi Qardhawi Arsyad, Alika Faza Qhintara, Ainun Mardiah, Novia Irawan Dalimunthe, and Tamara Apsyara. “Filsafat Barat Dan Timur, Sejarah Filsafat Dan Retorika Serta Teori Kebenaran.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 30020–26.

Keladu, Y. Sejarah Filsafat Barat Kuno. Maumere: Ledalero, 2017.

Maulana, Zidan Abid. “KONSEP FILSAFAT POSITIVISME PERSPEKTIF AUGUSTE COMTE.” Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan 7, no. 3 (2022): 31–40.

Minabari, Khalid Hasan. “Pengenalan Awal Filsafat Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Perkembangannya).” Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman 11, no. 2 (2019): 185. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i2.203.

Mughni, Muhammad Syafiq, and M Yunus Abu Bakar. “Studi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 81–99.

Parid, Miptah, and Rosadi Rosadi. “Aliran Filsafat Dalam Pendidikan Islam Ditinjau Dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla.” Journal of Islamic Education Policy 4, no. 2 (2020).

Pitriani, Lusi, Ridhoan Parlaungan Huta Suhut, and Wafi Aulia Tsabitah. “Berbagai Pandangan Filsuf Pendidikan,” 2020.

Putri, Rokhmatul Khoiro Amin, and M Yunus Abu Bakar. “Konsep Essensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2023): 112–24.

Rehayati, Rina. “Filsafat Sebagai Induk Ilmu Pengetahuan,” 2017, 1.

Tang, Muhammad, A H Mansur, and Ismail Ismail. “LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN: Telaah Pemikiran Socrates, Plato Dan Aristoteles.” Moderation| Journal of Islamic Studies Review 1, no. 1 (2021): 47–56.

Taufik, Muhammad. “FILSAFAT BARAT ERA SKOLASTIK (Telaah Kritis Pemikiran Thomas Aquinas).” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 19, no. 2 (2020): 185–99.

Zandro, Agrindo. “Philosophia Ancilla Theologiae: Memahami Koeksistensi Filsafat Dan Teologi Dalam Sejarah Filsafat Abad Pertengahan.” KHAMISYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2024): 115–30.

Downloads

Published

2024-11-18

Issue

Section

Articles