TRANSFORMASI LAYANAN PERBANKAN DARI ANTRIAN PANJANG MENUJU BANKING IN YOUR POCKET
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.2972Keywords:
Cashless Society Evolution; Digital Banking Transformation; Financial Technology InnovationAbstract
Inggris
Digital transformation has completely changed banking services and completely changed financial processes and consumer interactions. As the study focus on the shift from traditional to digital banking, so the effects of technology on the service delivery are learned in this study. This study used a qualitative descriptive technical approach and literature review in examining the evolution of technology in banking services. Digital banking, technical innovations such as blockchain and artificial intelligence, the movement towards a cashless society – these are all noteworthy areas of focus. The results show notable gains in customer satisfaction, operational effectiveness, and accessibility. Transaction techniques have seen a significant transformation because to digital payment systems and mobile banking, which have reduced reliance on cash and allowed for more flexible financial management. Some of the significant benefits of the change are lower bank operating costs, improved transaction security, and a more open economy. One of the main forces behind financial innovation and customer-focused service delivery is digital banking.
Indonesia
Transformasi digital telah mengubah sepenuhnya layanan perbankan dan sepenuhnya mengubah proses keuangan dan interaksi konsumen. Karena penelitian ini berfokus pada peralihan dari perbankan tradisional ke perbankan digital, maka pengaruh teknologi terhadap pemberian layanan dipelajari dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknis deskriptif kualitatif dan tinjauan literatur dalam mengkaji evolusi teknologi dalam layanan perbankan. Perbankan digital, inovasi teknis seperti blockchain dan kecerdasan buatan, gerakan menuju masyarakat tanpa uang tunai – semuanya merupakan area fokus yang perlu diperhatikan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepuasan pelanggan, efektivitas operasional, dan aksesibilitas. Teknik transaksi telah mengalami transformasi yang signifikan berkat sistem pembayaran digital dan mobile banking, yang telah mengurangi ketergantungan pada uang tunai dan memungkinkan pengelolaan keuangan yang lebih fleksibel. Beberapa manfaat signifikan dari perubahan ini adalah biaya operasional bank yang lebih rendah, keamanan transaksi yang lebih baik, dan perekonomian yang lebih terbuka. Salah satu kekuatan utama di balik inovasi keuangan dan pemberian layanan yang berfokus pada pelanggan adalah perbankan digital.
References
Adha, Lalu Adi. “Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia.” Jurnal Kompilasi Hukum 5, no. 2 (2020): 267–98.
Alidha, Merialda, Anindya Putri Sari, Rifa Sopiatunnisa, Aulia Azzahra, and Lintang Nurhalizah. “Analisis Dampak Digitalisasi Layanan Perbankan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Era Revolusi Industri 4.0.” Contemporary Journal of Applied Sciences 2, no. 3 (2024).
Andriani, Astri Dwi, Rosdita Indah Yuniawati, Dini Hamidin, Aji Priambodo, Maman Sulaeman, Leni Susanti, Arif Darmawan, and Samuel Martono. Transformasi Indonesia Menuju Cashless Society. Tohar Media, 2022.
Ardana, Sheila Gita, Alya Shafa Luqyana, Indri Ayu Listi Antono, Rahma Puspita Rahayu, Laiti Qonita, Shavira Aulia Zahra, and Ferix Alsyahdat. “Efektifitas Penggunaan QRIS Bagi Kalangan Mahasiswa UNNES Untuk Transaksi Pembayaran Dalam Rangka Mendorong Perkembangan Ekonomi Pada Era Digitalisasi.” Jurnal Potensial 2, no. 2 (2023): 167–83.
Buwono, Satrio Ronggo, Lastuti Abubakar, and Tri Handayani. “Kesiapan Perbankan Menuju Transformasi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Financial Technology (Fintech).” Jurnal Poros Hukum Padjadjaran 3, no. 2 (2022): 228–41.
Faridi, Muhammad Khairul. “Kejahatan Siber Dalam Bidang Perbankan.” Cyber Security Dan Forensik Digital 1, no. 2 (2019): 57–61.
Fatimah, Siti Bunga, and Achsania Hendratmi. “Digitalisasi Pada Bank Mandiri Syariah Di Tengah Persaingan Dan Perubahan Teknologi.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan Vol. 7 No. 4 April 2020: 7, no. 4 (2020): 795–813.
Harahap, Berry A, Pakasa Bary Idham, Anggita Cinditya M Kusuma, and Robbi Nur Rakhman. “Perkembangan Financial Technology Terkait Central Bank Digital Currency (Cbdc) Terhadap Transmisi Kebijakan Moneter Dan Makroekonomi.” Bank Indonesia 2, no. 1 (2017): 80.
Irsyad, Ferozi Ramdana, Filja Azkiah Siregar, Jonatan Marbun, and Hasyim Hasyim. “Menghadapi Era Baru: Strategi Perbankan Dalam Menghadapi Perubahan Pasar Dan Teknologi Di Indonesia.” Transformasi: Journal Of Economics And Business Management 3, no. 2 (2024): 29–46.
Johan, Johan. “Inovasi Dalam Teknologi Keuangan: Mengubah Praktik Perbankan Dan Investasi Tradisional.” Currency: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 2, no. 2 (2024): 296–314.
Judijanto, Loso, Al-Amin Al-Amin, and Lukman Nurhakim. “Implementasi Teknologi Artificial Intelligence Dan Machine Learning Dalam Praktik Akuntansi Dan Audit: Sebuah Revolusi Atau Evolusi.” COSMOS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi Dan Teknologi 1, no. 6 (2024): 470–83.
Lestari, Liviana Miftah, Uly Sunil Asyura, Vaza Zahiduz Zaka, and Rini Puji Astuti. “Tantangan Dan Peluang Transformasi Bank Sentral Di Era Digital.” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu 2, no. 6 (2024): 618–28.
Lukita, Chandra, and Adam Faturahman. “Perkembangan Fintech Terhadap Crowdfunding Dan Blockchain Di Era Disrupsi 4.0.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 1, no. 1 (2022): 9–19.
Manurung, Cristina M, Jelita Novianma Sipahutar, Afina Charolin, Zaki Edi Saputra, and Hasyim Hasyim. “Efektivitas Program Q-Ris (Quick Response Code Indonesian Standard) Oleh Bank Indonesia Dalam Meningkatkan Transaksi Non-Tunai.” Global Leadership Organizational Research in Management 2, no. 3 (2024): 68–88.
Muhlis, Muhlis, Agus Toni, and Fadia Ayu Ningrum. “Analisis Profitabilitas Terhadap Efisiensi Operasional Di Perbankan Syariah.” Jurnal Istiqro 7, no. 2 (2021): 141–50.
Ngamal, Yohanes, and Maximus Ali Perajaka. “Penerapan Model Manajemen Risiko Teknologi Digital Di Lembaga Perbankan Berkaca Pada Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan Indonesia.” Jurnal Manajemen Risiko 2, no. 2 (2022): 59–74.
Nuraeni, Intan, Lucky Nugroho, and Dian Sugiarti. “Kajian Knowledge Based Theory Dalam Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah Dan Bank Konvensional (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Dan Bank Mandiri).” Pelita: Jurnal Penelitian, Terapan Dan Aplikatif 1, no. 2 (2024): 78–95.
Pratiwi, Dessy Dwi. “IMPLEMENTASI LAYANAN MUAMALAT DIN (DIGITAL ISLAMIC NETWORK) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI BANK MUAMALAT.” NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah 10, no. 1 (2024): 34–44.
Purba, Ramen A, Andriasan Sudarso, Hery Pandapotan Silitonga, Sisca Sisca, Supitriyani Supitriyani, Yusmanizar Yusmanizar, Lora Ekana Nainggolan, Acai Sudirman, Reni Dwi Widyastuti, and Andi Dian Novita. “Aplikasi Teknologi Informasi: Teori Dan Implementasi.” Yayasan Kita Menulis, 2020.
Setiawan, Aziz Budi. “Perbankan Syariah; Challenges Dan Opportunity Untuk Pengembangan Di Indonesia.” Jurnal Kordinat 8, no. 1 (2015): 1–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.