PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Wilda Apriliani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Asmaiwaty Arief Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rehani Rehani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.3012

Keywords:

Material development, Islamic Religious Education, higher education, ADDIE model, contemporary issues.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi yang relevan dengan kebutuhan siswa dalam menghadapi tantangan zaman. Materi dirancang untuk memperkuat integrasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan akademik, sosial, dan profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan studi dokumen, dengan partisipasi dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang dikembangkan berbasis pendekatan interdisipliner dan isu-isu kontemporer mampu meningkatkan pemahaman agama, relevansi pembelajaran, dan keterlibatan siswa. Implementasi evaluasi menunjukkan peningkatan hasil belajar, keterampilan integrasi nilai Islam dalam disiplin ilmu, serta sikap positif terhadap pembelajaran PAI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan materi PAI berdasarkan kebutuhan siswa dan isu kontekstual efektif meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Model yang disarankan ini diterapkan lebih luas untuk memperkuat pembelajaran PAI.

References

Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2). https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417

Amin, A., Wiwinda, W., Alimni, A., & Yulyana, R. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1). https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1418

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69–88.

Budianto, N. (2018). Komponen Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI)(Antara Teori dan Praktek). FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 151–165.

Butar-Butar, N., Nurmawati, N., & Ananda, R. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam (PAI) berbasis kontekstual untuk meningkatkan capaian hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 792–803.

Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Hanafi, M. (2014). Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 1(2). https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/islamuna/article/view/572

Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247.

Inayati, M. (2023). Langkah-langkah Pengembangan Bahan Ajar PAI (Pendidikan Agama Islam). Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 115–123.

Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 142–155.

Khuzaimah, K. (2017). Paradigma pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah (analisis berbagai kritik terhadap PAI). Jurnal Kependidikan, 5(1), 81–90.

Mahmudin, A. S. (2021). Pengembangan bahan ajar mata pelajaran pendidikan agama islam oleh guru tingkat sekolah dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 95–106.

Mahrus, M. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 81–100.

Maksum, M. (2024). Prosedur Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI). AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1037–1050.

Muchlis, M. (2020). Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Moderat. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 11–20.

Octofrezi, P. (2023). Menakar Kembali Sistem Evaluasi Ranah Afektif dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 12(2), 116–126.

Saepudin, J. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Institut Teknologi Bandung. Al-Qalam, 24(2), 258–270.

Suhardin, S., Hayadin, H., Sugiarti, S., & Marlina, A. (2021). Pengembangan materi pendidikan agama islam berbasis rumah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 253–267.

Sumanti, S. T. (2015). Dasar-Dasar Materi Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. http://repository.uinsu.ac.id/8667/1/(dasar%20materi%20pai)%20dummy.pdf

Syafei, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Untuk Menangkal Radikalisme Pada Peserta Didik Sma Negeri di Kota Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 137–158.

Syathori, A. (2023). Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerbit P4I. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=vkHWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Konseptualisasi+Kurikulum+Pendidikan+Agama+Islam+di+Perguruan+Tinggi&ots=ZOHQ9ZWCNO&sig=xPZMA_K8hIA4yvdormK3jSHHa8M

Usman, U., Garancang, S., & Bahraeni, B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Berbasis Kisah. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 301–315.

Downloads

Published

2024-12-02

Issue

Section

Articles