Pelaksanaan Evaluasi bagi Siswa dalam Pengembangan Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.3028Keywords:
Evaluation, Learning, PAIAbstract
Evaluasi merpakan hal yang penting di lakukan oleh seorang guru untuk melihat sampai dimana tujuan pembelajaran yang di harapkan dapat tercapai. Artikel ini bertujuan untuk memahami bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran bagi pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah studi kepustakaan (library research), Evaluasi dalam pendidikan Agama Islam di gunakan untuk melihat sampai dimana kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran agama Islam. Tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan maka disitulah guru dilihat berhasil dalam menyampaikan sebuah materi. Keberhasialan sebuah evaluasi yang dilaksanakan tentu memiliki strategi, langkah-langkah, prinsip serta tujuan. Evaluasi berfokus kepada hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, sehingganya guru bisa melihat bagaimana cara mengevaluasi siswa yang belum bisa mencapai tujuan yang diharapkan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ananda, Rusydi, dan Amiruddin Amiruddin. “Perencanaan pembelajaran,” 2019. http://repository.uinsu.ac.id/6719/1/5.%20PERENCANAAN%20PEMBELAJARAN%20(BUKU-PENULIS).pdf.
Anas, Sudijono. “Pengantar evaluasi pendidikan.” Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Arikunto, Suharismi. “Evaluasi pendidikan prinsip dan operasionalnya.” Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855.
Husamah, Husamah. “Pembelajaran bauran (Blended learning).” Research Report, 2014.
MARZUKI, ISMAIL. “Bahan Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan.” CV. Pena Persada, 2022. http://repository.umt.ac.id/id/eprint/270/.
Marzuki, Ismail. “Implementasi prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 6, no. 1 (2024). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/11821.
Sanjaya, Dr H. Wina. “Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan,” 2006. https://lib.unib.ac.id/index.php?p=show_detail&id=20660&keywords=.
Saputra, Aidil. “Strategi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada SMP.” Jurnal Genta Mulia 13, no. 2 (2022). https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/107.
Tabroni, Imam, dan Siti Maryatul Qutbiyah. “Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 1, no. 3 (2022): 353–60.
Tsawab, Muchammad Chusnuts, Uswatun Khasanah, Nor Faelashofa Afrida, dan Maisyanah Maisyanah. “Evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dan implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs NU Banat Kudus.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 3, no. 1 (2020): 93–112.
Wena, Made. “Strategi pembelajaran inovatif kontemporer.” Jakarta: bumi aksara 2 (2009).
Zein, Muh. “Peran guru dalam pengembangan pembelajaran.” Inspiratif Pendidikan 5, no. 2 (2016): 274–85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.