PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Authors

  • Deasy Febri Rosa Indah STKIP PGRI SUMENEP
  • Aminatus Zehroh STKIP PGRI Sumenep
  • Wardatul Hasanah STKIP PGRI Sumenep
  • Mas’odi Mas’odi STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3127

Keywords:

Perpustakaan Sekolah, Pendidikan, Peran Edukasi

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi transformasi perpustakan sekolah dari sekedar Lembaga pemberi pinjaman menjadi pusat pembelajaran yang lebih inklusif dan relevan di era Pendidikan abad ke-21. Perpustakaan sekolah kini berperan penting dalam mendukung literasi, kreativitas, keterampilan teknis, dan pengembangan kepribadian siswa. Selain menyediakan sumber daya fisik, perpustakaan sekolah juga menyediakan akses terhadap berbagai media digital, teknologi, dan ruang inklusif yang mendorong kolaborasi dan pembelajaran mandiri. Meskipun banyak sekolah di Indonesia yang masih menghadap tantangan seperti keterbatasan peralatan dan kurangnya adaptasi teknologi, perpustakaan sekolah berupaya untuk berupaya untuk menjadi pusat literasi yang mendukung kemajuan siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan berkelanjutan. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengkaji berbagai peran perpustkaan sekolah, mulai dari mendukung literasi dan kretivitas hingga pengembangan karakter siswa. Artikel ini juga memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan modern.

References

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390–396.

AR, M. M., Asmoni, A., Aini, K., & Wardi, M. (2024). The Relationship of the 5th Batch Campus Teaching Program to Literacy and Numeracy Skills in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1999-2011.

Asmoni, A. (2019). KAPITALISME, PROFESIONALISME DOSEN, DAN PERAN PEMERINTAH PADA PENDIDIKAN TINGGI. Reflektika, 14(2), 103-126.

Asmoni, D., & MPd, S. E. (2018). The Entrepreneurial Leadership of Headmaster in Realizing Achievement School: Case Study at Public Junior High School 1 Lamongan East Java Indonesia.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Damayanti, R. (2019). Perpustakaan Sekolah sebagai Pusat Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hardiansyah, F., Armadi, A., Ar, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159–1166. Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/5661

Haryono, A., & Mustari, M. (2020). "Peran Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Siswa". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1), 12-25.

Hidayati, N., & Wulandari, S. (2019). Transformasi perpustakaan sekolah menuju era digital. Jurnal Literasi Pendidikan, 4(1), 22-30.

Hardiansyah, F., Armadi, A., Ar, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159–1166. Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/5661

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.

Iskandar, T. (2017). Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 112-119.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Panduan pengembangan perpustakaan sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Pedoman Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Mulyani, D., & Rahardjo, S. (2021). "Literasi Informasi dan Perpustakaan Sekolah". Jurnal Literasi Digital dan Perpustakaan, 3(2), 45-59.

Saragih, R. (2018). Perpustakaan sebagai pusat literasi dalam mendukung Pendidikan karakter. Jurnal Ilmiah Perpustakaan, 6(2), 105-113.

Supriyanto, A. (2017). Meningkatkan Minat Baca Melalui Inovasi Perpustakaan Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, B. (2016). Inovasi dalam pengelolaan perpustakaan sekolah di era informasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(3), 45-52.

Wahyuni, N. (2022). Transformasi Perpustakaan Sekolah di Era Digital. Surabaya: Penerbit Aditya Media.

Widodo, R. (2021). Pengembangan Perpustakaan Sekolah: Tantangan dan Peluang. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zainuddin, A., & Fadli, M. (2018). "Perpustakaan Sekolah sebagai Media Pengembangan Literasi Siswa". Jurnal Kajian Pendidikan, 30(2), 67-80.

Downloads

Published

2024-12-09

Issue

Section

Articles