PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN BEBEK BOEDJANG KECAMATAN BEKASI BARAT
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3255Keywords:
Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Bebek BoedjangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Boedjang, Kecamatan Bekasi Barat. Latar belakang penelitian ini adalah fluktuasi omset rumah makan selama Triwulan 1 hingga Triwulan 3 tahun 2024, yang menunjukkan potensi peran word of mouth dalam mendorong keputusan pembelian. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sampling jenuh, melibatkan 100 responden pelanggan. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk mengukur dampak word of mouth terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 15,3%. Meskipun demikian, sebagian besar variasi keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini. Penelitian ini merekomendasikan Rumah Makan Bebek Boedjang untuk mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis word of mouth dengan mendorong ulasan positif dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan memperluas cakupan responden serta mempertimbangkan variabel lain seperti kualitas pelayanan dan promosi untuk memberikan wawasan yang lebih komprehensif.
References
Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen (R. Iye, Ed.; 1st ed.). Rena Cipta Mandiri.
Arafah, R. N., & Subali. (2023). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Angkringan Cahsaiki Bekasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 361–367.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (D. Novidiantoko & E. R. Fadilah, Eds.; 1st ed.). Deepublish.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1).
Kurniawan, G. (2017). Peran Word of Mouth, Kepercayaan, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik pada Pengrajin Kampoeng Batik Jetis-Sidoarjo. Mitra Sumber Rejeki. ISBN 978-602-5553-06-6.
Maknunah, L. U., Diantanti, N. P., & Darajat, A. H. (2023). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(4), 863–869.
Naharuddin, Hamzah, M., & Fitriany. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth (WOM) terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening pada Catering CV Narsa Makassar. Jurnal Program Pascasarjana Magister Manajemen ITB Nobel Indonesia, 2(1), 48–62.
Pilipus, R. R., Aransyah, M. F., & Bharata, W. (2021). Pengaruh Word of Mouth (WOM), Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Minuman Thai Tea pada Dum Dum Thai Drinks Samarinda. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1).
Purnawan, I. K. A. W., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Gojek di Kota Denpasar. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2).
Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Livestream Tiktok Shop). Amsir Management Journal, 3(2), 100–114.
Sianipar, O. L., Parapat, E. P. S., & Siringo-ringo, E. D. M. (2022). Pengaruh Word of Mouth Communication dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. JAMIN, 4(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). CV. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.