PERAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Rafikatul Arifa STKIP PGRI Sumenep
  • Purnama Agustini STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3613

Keywords:

Kurikulum; Pendidikan

Abstract

Tantangan pendidikan di era digital salah satunya yaitu kurangnya kreativitas pengajar dalam mengembangkan media belajar yang akan berdampak pada proses pembelajaran di dalam kelas. Artikel ini bertujuan untuk menganalisa peran kurikulum terhadap kualitas pendidikan dengan memaparkan masalah yang ada serta solusinya. Penelitian artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis data (literatur review). Data dikumpulkan dari berbagai sumber jurnal ilmiah seperti open knowledge maps dan google scholar dari tahun 2019-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan memperhatikan kompetensi guru, sarana dan prasarana serta kebutuhan siswa di era modern ini. Dengan melakukan pelatihan bagi guru menjadi salah satu upaya untuk meningkat kompetensi dan profesionalisme guru. 

 

References

Ainy, F. Z. Q., & Effane, A. (2023). Peran kurikulum Dan Fungsi kurikulum. Karimah Tauhid, 2(1), 153-156.

Arofah, E. F. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218-229.

Berliana, F. R., Palupi, F. I., Arianti, D. R., Trihantoyo, S., & Nuphanudin, N. (2024). Profesionalisme Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Dr. Soetomo. Jurnal Pendidikan Tambusai; Vol. 8 No. 2 (2024) ; 2614-3097 ; 2614-6754. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15121

Darman, R. A. (2021). Telaah kurikulum. Guepedia.

Dhomiri, A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118-128.

Dwi, F. E., & Lauchia, R. (2024). Peran Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 283-289.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

Mesra, R., & Salem, V. E. (2023). Pengembangan Kurikulum.

Muhtadi, M. A., Amertawengrum, I. P., & Prastica, D. A. (2023). Peran kurikulum pendidikan dalam meningkatkan literasi informasi dan kritis pada era digital di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(10), 622-631.

Mulia, J. R., Nasution, B., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Peranan Kurikulum Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 34-40.

Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar (Vol. 174). UNY Press.

Novyana, H., Ainun, I. I., & Islami, W. N. (2021). Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding FKIP UMC; Vol. 3 No. 1 (2021): Juni 2021; 30-35 ; 978-602-52079-0-. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2210

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58-64.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rahmawati, D., & Susanto, H. (2023). Transformasi Pendidikan di Era Modern. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(2), 78-92.

Siahaan, A., Supardi, S., Wardani, W., Fauzi, Z. A., Hasibuan, P. M., & Akmalia, R. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 9189-9196.

Sutarman, M., & Purnomo, E. (2024). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Implementasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 25-40.

Syuaibah, S., Qowaid, Q., & Norman, E. (2020). Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Profesionalisme Guru terhadap Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Qotrun Nada Kota Depok Tahun 2019-2020. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 151-173. https://doi.org/10.47467/jdi.v2i2.119

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003-1009.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles