Pengaruh Media Flascard Terhadap Daya Ingat Angka Anak Usia 3-4 Di Paud Aisyiyah Matahari Bersinar

Authors

  • Herlina Hadiyati Safariyah Universitas Islam Madura
  • Maimon Sumo Universitas Islam Madura
  • Musayyadah Musayyadah Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.3946

Keywords:

Flashcard, Memory, Early childhood

Abstract

Utilizing flashcard media includes a positive affecton expanding children's cognitive improvement. The point of this inquire about is to degree how much impact flashcard media has on the numerical memory of children matured 3-4 a long time at PAUD Aisyiyah Matahri Bersinar, Waru Locale. The research methods used consist of quantitative, experimental and data collection techniques using observation and documentation. The data analysis technique used to test the research hypothesis uses the t test with the help of the SPSS 18 for Windows evaluation version program application. Research results: 1). Using flashcard media can improve the number memory of students at PAUD Aisyiyah Matahari Bersinar 2). There is an influence of flashcards on number memory in children aged 3-4 years. This means that flashcards have a big influence on the numerical memory of children aged 3-4 years.

Keywords: Flashcard, Memory, Early childhood

References

Abdul Muhid. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din, 4(2), 409–410. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1635

Afikah, A., & Uswatun, R. (2022). Aulad : Journal on Early Childhood Media Marbel Flashcard u ntuk Mengenal Angka pada Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.298

Agustiarini. (2023). Studi Literatur Pembelelajaran Media Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4, 85–93.

Arisandy. (2024). Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Communnity Development, 5(1), 285–289.

Dini, U., Kiddi, D. I., Konseling, B., Pendidikan, F. I., & Gorontalo, U. N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA TAMAN BELAJAR UNTUK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 156–170.

Fatmah. (2023). Implementasi Metode Tartil dalam Menguatkan Daya Ingat Hafalan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Tk Az-Zahra Baru Ranji Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 68.

Indrawati. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Berbasic Pengembangan Diri Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5495–5505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2992

Lailatul, E. (2024). Analisis Media Flashcard Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7068–7072.

Loita. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Zepeto Untuk Meningkatkan Daya Ingat Kognitif Anak Usia Dini. JDPK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3748–3751. liskarhmi@upi.edu1*

Meli Yudestia. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).

Mutiara E.N. (2023). Penggunaan media flashcard Untuk Mengenalkan Anak Usia Dini Pada Matematika Permulaan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(1330), 1331. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Nafsiyah Hafidzoh. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296

Naila Attamimi. (2023). Implementasi Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 2(2), 116–125.

Novia, N., Safitri, D., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berhitung ( GESIT ) untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5, 232–243.

Novianti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Mind Mapping. JURNAL CERIA, 2(3), 57–64.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nurul Novitasari. (2023). Pelatihan Pembuatan Flash Card untuk Mengembangkan Kreatifitas Guru PAUD dalam Mengajar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 245–258. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.142

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Pratiwi, A. F. (2017). Peningkatan Daya Ingat Anak Usia Dini Melalui Media Mind Mapping Pada Kelompok B Di Tk Islam Al-Muttaqin Kota Jambi. Program Studi PG-PAUD Universitas Negeri Jambi.

Ramadani. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 39. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9225

Ratno Abidin. (2023). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), 175–178.

Suryana. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 1560–1566. shofiamaghfiroh.sm@gmail.com

Umi Kabibah. (2023). Pemanfaatan Bahan Ajar Loose Part Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini di TK Baitul Ilmi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2080–2086. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.486

Yoga M. (2023). Pengaruh Media Flashcard Dalam Pembelajaran Mengenal Huruf Terhadap Perkembangan Kognitif. Pendidikan Dan Pembelajaran, 12, 1015–1020. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i3.63838

Zainidahlan. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Flashcard Untuk Mendingkatkan Keterampilan Membaca. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 10(1), 209–221. zainidahlan@uinsu.ac.id

Zihni Afif. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan ,. Journal Of Social Science Research Volume, 3, 682–693.

Zulkarnaen. (2023). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4199–4208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515

Downloads

Published

2025-01-25

Issue

Section

Articles