PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA (KKN) DENGAN KEGIATAN BELAJAR TILAWAH UNTUK REMAJA DI KELURAHAN MUARA JANGGA, KEC. BATIN XXIV, KAB. BATANG HARI

Authors

  • Kholid Ansori Universitas Islam Batang Hari Jambi
  • Sarli Sarli Universitas Islam Batang Hari Jambi
  • Siti Fatimah Universitas Islam Batang Hari Jambi
  • Rizky Monica Intani Universitas Islam Batang Hari Jambi
  • Rosa Indah Universitas Islam Batang Hari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.3993

Keywords:

Pengabdian masyaraka; Tri Dharma; Perguruan Tinggi; Kel. Muara Jangga

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat melalui kuliah kerja nyata(KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Kel.Muara Jangga, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan guna membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa dalam bidang keagamaan. Pengabdian dilakukan melalui kegiatan belajar mengaji metode tilawah

References

Agustinova, D. E. (2015). Hambatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Sdit Al Hasna Klaten). ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 10(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v10i1.3598

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia DIni dan Pendidikan Nonformal.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan.

Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial

Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14.

Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Syardiansah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa

Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ). Jim Upb, 7(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017), 57–68.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

Sistem Pendidikan Nasional. In Departemen Pendidikan Nasional. Wikipedia. (n.d.). https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik. Wikipedia Bahasa Indoensia, E. bebas. (2016). Kuliah Kerja Nyata ( KKN ).

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum (Edisi Revisi). Rineka Karya.

Aliyyah, R. R. et al. (2018). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Djiwandon. (2006). Psikologi Pendidikan (Revisi 2). Grasindo.

Handitya, B. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Politik Dan Kewarganegaraan, 2(1), 41–52.

I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.

ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.).

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–30. Kemenperin.(2014).

Pemerataan Pembangunan Industri. www.ppi.kemenperin.go.id.

Downloads

Published

2025-02-04

Issue

Section

Articles