Pandangan Tiga Mahasiswa Calon Pendidik Terhadap Isu Child Grooming di Sekolah

Authors

  • Rini Krisna Dewi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.4139

Keywords:

Child Grooming, Perlindungan Anak, Kebijakan, Hak Anak, Pandangan Mahasiswa, Sekolah

Abstract

Child Grooming di sekolah adalah masalah serius yang membahayakan keselamatan dan kesejahteraan siswa. Hal ini sering melibatkan guru atau pendidik yang memanipulasi hubungan emosional untuk mengeksploitasi anak secara seksual atau dalam bentuk kekerasan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan mahasiswa calon guru mengenai masalah Child Grooming dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya hal tersebut di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner mengenai pemahaman mereka tentang grooming, faktor-faktor penyebabnya, hak siswa, dan kebijakan perlindungan anak di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memahami grooming sebagai tindakan manipulatif yang dapat merugikan kesejahteraan psikologis dan emosional siswa. Faktor utama yang berkontribusi pada grooming adalah kurangnya pengawasan, dinamika kekuasaan yang tidak sehat antara guru dan siswa, serta kurangnya pendidikan tentang perlindungan anak. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan etika untuk mencegah praktik grooming di sekolah.

References

Hawa, E., Amelia, F.L., Rizky, A.S., Mufidah, N.L., Mukhson, M.A., Jazuli, M.I., Aziz, F. (2020). The Role of Information Technology Education in Preventing Child Grooming on Social Media: Peran Pendidikan Teknologi Informasi dalam Mencegah Child Grooming di Media Sosial. Journal Proceedings of The ICECRS, Vol. 8.

Mulyana, Y. (2023). Kejahatan Seksual Daring Terhadap Anak Dengan Modus Operandi Melalui Media Game “Online” di Kabupaten Garut. Communnity Development Journal, 4(3), 5478-5487.

Nasruddin. Umalihayati. dkk. (2024). Etika Profesi Pendidikan. Batam: Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.

Novianti, R., Sahrul, M. (2020). Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak (Telaah UU Nomor 35 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 1). Journal of Social Work and Social Service, 1(2), 139-147.

Pujayanti, L. P. V. A., & Sulaiman, H. (2023). Legal Review of Child Grooming as A Crime of Sexual Violence in Indonesia. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(03), 188–196.

Tualeka, M.W.N. (2017). Teori Konflik Sosiologi Klasik dan Modern. Jurnal Al-Hikmah, 3(1), 32-48.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Zulfikar, F. (2024). FSGI Rilis Data Kekerasan di Sekolah, Banyak Kekerasan Seksual yang Pelakunya Guru. Detik.com. Tersedia di: https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7453288/fsgi-rilis-data-kekerasan-di-sekolah-banyak-kekerasan-seksual-yang-pelakunya-guru, diakses tanggal 27 Februari 2025.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles