Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Tinjauan Literasi dan Tantangannya

Authors

  • Zaini Fadli Robbi Universitas PGRI Wiranegara
  • Syafi’uddin Syafi’uddin Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4447

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Era Digital, Integrasi Nilai-Nilai Keislaman, Metode Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Digital

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan akhlak individu di era digital, khususnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali tantangan dan solusi dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum PAI di tengah kemajuan teknologi. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka, dengan menganalisis artikel jurnal yang terkait dengan pendidikan agama dan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital dan metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meskipun tantangan seperti kesenjangan digital dan rendahnya literasi teknologi di kalangan guru masih ada. Penelitian ini merekomendasikan agar lembaga pendidikan menerapkan strategi inovatif dan meningkatkan pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pengajaran. Dengan pendekatan yang tepat, PAI diharapkan tetap relevan dan efektif dalam membentuk individu yang cerdas secara akademis serta kuat nilai-nilai moral dan spiritual di era digital.

References

Aji, R. (2016). DIGITALISASI, ERA TANTANGAN MEDIA (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1). https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1245

Alfi, A. M., Febriasari, A., Azka, J. N., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNOLOGI. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index

-Banar, E., Pendidikan, J., Pengajaran, D., Rozak, A., Tinggi, S., & Islam Az-Ziyadah Jakarta, A. (n.d.). ANALISIS PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MTS NEGERI 01 PAMULANG TANGERANG SELATAN: PENDEKATAN METODE LITERATURE STUDY AND REVIEW (LSR). https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.149

Dinata, R. O., Said, H. S., & Lestari, T. U. (2023). WORKSHOP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN AS SURUUR KABUPATEN BANDUNG. Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, 2(2). https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18657

Eryandi, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Era Digital. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.27

Haris, M. A., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Indramayu, A.-A. (n.d.). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3616

Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. (n.d.). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kependidikan Islam, 11, 2021. https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8886

Khoerunnisa, N., Abidin Pendidikan Agama Islam, J., Agama Islam, F., Singaperbangsa Karawang Jl Ronggo Waluyo, U. H., Timur, T., & Barat, J. (n.d.). URGENSI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.334-346

Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani, Arikah Putri Afriani, & Ade Suryanda. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2265

Manshur, A., & Isroani, F. (n.d.). TANTANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL.

Metode Pembelajaran, P., & Agama, P. (n.d.). PUTRI OKTAVIA 1 , KHUSNUL KHOTIMAH 2 Email: putrioktavia@annur.ac.id 1 , khotimahkhusnul@annur.ac.id 2 Universitas Islam An Nur Lampung. https://journal.nabest.id/index.php/annajah

Mufidah Hayati, Firani Putri, Muhammad Hafizh, & Januar Januar. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Perspektif Sosial dan Tantangan Kontemporer. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 224–235. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.797

Pembelajaran, I., Penerapan, P. :, Buatan, K., Motivasi, M., Aulia, S. L., 1, H., Sumarna, E., & Hyangsewu, P. (2024). 5632 Journal of Education Research. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 4). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752

Perdana, J. W. (2024). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Digital. Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(3), 934–942. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3

Rahmadani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis Alamat, S., Lembaga, J., Bengkalis, K., & Bengkalis, K. (2024). PT. Media Akademik Publisher STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL: TINJAUAN LITERATUR KUALITATIF. JMA), 2(6), 3031–5220. https://doi.org/10.62281

Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752

Ratnawati, S. R., & Werdiningsih, W. (2020). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI di Era Revolusi Industri 4.0. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429

Rizfani, M., Mauladi, M., & Wardana, A. (n.d.). PENDIDIKAN AGAMA DI ERA DIGITAL. In Tahun 2024 Journal Islamic Education (Vol. 3, Issue 1). https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index

Romlah, S. (n.d.). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN MORAL DAN ETIKA. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249

Sari, W. D. (n.d.). Education Sustainability Development (ESD) Teori Pada Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital. www.unescobkk.org/ed https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5271

Downloads

Published

2025-05-07

Issue

Section

Articles