STEAM-based Learning Model in Early Childhood Education

Authors

  • Nasela Riska Universitas Sriwijaya
  • Adelia Istiqomah Universitas Sriwijaya
  • Tasya Reina Azzahra Universitas Sriwijaya
  • Windi Dwi Andika Universitas Sriwijaya
  • Najlatul Fatiyah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4464

Keywords:

keterampilan berpikir kritis; kreativitas; pendidikan anak usia dini; STEAM

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini berperan penting dalam perkembangan anak, tetapi banyak lembaga PAUD masih menerapkan metode konvensional yang kurang mendukung eksplorasi dan kreativitas. Model pembelajaran STEAM mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi sejak dini. Penelitian ini menganalisis efektivitas STEAM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STEAM berkontribusi signifikan terhadap perkembangan kognitif dan kreativitas anak, sesuai dengan teori konstruktivisme Piaget, pembelajaran berbasis pengalaman Dewey, serta teori multiple intelligences Gardner. Selain meningkatkan pemahaman konseptual melalui eksplorasi, pendekatan ini juga memperkuat teori sosial-kultural Vygotsky dengan menekankan interaksi sosial dalam pembelajaran. Dengan demikian, STEAM tidak hanya meningkatkan keterampilan akademik tetapi juga membentuk pola pikir inovatif dan adaptif bagi perkembangan anak di masa depan.

References

Alifah Andhianto, P., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Penerapan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Satuan PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 314–326. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.547

Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963

Fauziah, N., Ichsan, I., & Irbah, A. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 18–27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746

Hadzami, S., & Maknun, L. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111–132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279

Herro, D., & Quigley, C. (2016). Exploring teachers’ perceptions of STEAM teaching through professional development: implications for teacher educators. Professional Development In Education, 43(3), 1–23. https://doi.org/10.1080/19415257.2016.1205507

Maharani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Implementasi Metode Steam Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Family Education, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.12

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682

Muhamad Irgi Abdillah Az-zarkasyi, & Hindun. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Alifah Andhianto, P., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Penerapan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Satuan PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 314–326. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.547

Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963

Fauziah, N., Ichsan, I., & Irbah, A. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 18–27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746

Hadzami, S., & Maknun, L. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111–132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279

Herro, D., & Quigley, C. (2016). Exploring teachers’ perceptions of STEAM teaching through professional development: implications for teacher educators. Professional Development In Education, 43(3), 1–23. https://doi.org/10.1080/19415257.2016.1205507

Maharani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Implementasi Metode Steam Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Family Education, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.12

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682

Muhamad Irgi Abdillah Az-zarkasyi, & Hindun. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.562

Nabawi, M. (2024). Penerapan Scaffolding Pada Zone of Proximal Development (Zpd) Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri 2 Malang Kelas Xii Mipa 4. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(11), 1–8. https://doi.org/10.17977/um068.v3.i11.2023.3

Neneng Nur, & Mulyawan Safwandy Nugraha. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158

Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Wijaya, P. R. (2023). Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 150–155. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1514

Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387

Rubi Babullah. (2022). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran.

EPISTEMIC: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 131–152. https://doi.org/10.70287/epistemic.v1i2.10

Whildan, L. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognisi Manusia Menurut Jean Piaget. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.47453/permata.v2i1.245

Wondal, R., Samad, R., & Kore. (2020). Peran permainan ludo dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 2(2), 106–116. https://doi.org/doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2068

Downloads

Published

2025-05-08

Issue

Section

Articles