PENGARUH FASILITAS KAMPUS DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN SUSKA RIAU
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i4.4703Keywords:
fasilitas kampus, sumber belajar, motivasi belajarAbstract
Motivasi belajar mahasiswa merupakan faktor penting dalam pencapaian akademik dan pengembangan kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh fasilitas kampus dan sumber belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa. Fasilitas kampus, yang mencakup ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan lingkungan yang mendukung, dianggap dapat menciptakan suasana belajar yang positif. Di sisi lain, ketersediaan sumber belajar, seperti buku, jurnal, dan akses digital, juga berperan penting dalam mendukung efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei kepada mahasiswa dari berbagai program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas kampus yang memadai dan ketersediaan sumber belajar yang lengkap berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Fasilitas yang baik memberikan kenyamanan dalam belajar, sementara sumber belajar yang lengkap meningkatkan minat dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan akademik. Oleh karena itu, lembaga pendidikan tinggi harus fokus pada pengembangan fasilitas dan penyediaan sumber belajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan kualitas pendidikan.
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suat Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayeni, A. J. and Adelabu, M. A. (2012) ‘Improving learning infrastructure and environment for sustainable quality assurance practice in secondary schools in Ondo State, South-West, Nigeria’, International Journal of Research Studies in Education, 1(1), pp. 61-68.
Chain, P. (1997). Same or Different?: A Comparison of the Beliefs Australian and Chinese University Students Hold about Learning’s Proceedings of AARE Conference. Swinburne University. Available at: http://www. swin.edu.au/aare/ 97pap/CHAN97058.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Nana, Syaodih, Sukmadinata.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.
Jannah, S. N. and Sontani, U. T. (2018) ‘Sarana dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan
Manajemen Perkantoran (JPManper). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 3(1),pp. 63–70. doi: 10.17509/JPM.V3I1.9457.
Marhamah, Siti, Agnita Yolanda, Ruri Aditya Sari, and Nurismilida Nurismilida. “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 2 (2021): 40–45. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1023.
Purwanto,Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Soleman, Zuhria.Pdf. “pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas x pada mata pelajaran ekonomi man nurul yaqin kota gorontalo”
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, R. D., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Fasilitas Pembelajaran dan Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 105-114.
Wijaya, H., Putri, S. A., & Rahayu, I. (2022). Ketersediaan Sumber Belajar Daring dan Kaitannya dengan Tingkat Motivasi Mahasiswa di Masa Pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 187-198.
Nurhayati, N., & Indriwati, S. E. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1489-1495.
Fauziah, F., & Widyaningrum, R. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Fasilitas Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(6), 504-511.
Pratiwi, D. N., & Setyaningsih, R. (2019). Hubungan Antara Ketersediaan Sumber Belajar dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 1-8.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif. 1 Kencana Prenada Media Group.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Rosdakarya. Astuti, R. D., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Fasilitas Pembelajaran dan Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 105-114.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.