PERAN GURU PAI MENJAGA MORAL GENERASI Z DI TENGAH DISTRAKSI DIGITAL DAN DOMINASI TIKTOK DI SMAN 6 PALANGKA RAYA

Authors

  • Ahmad Fauzianor Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Dwi Nurrahmi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Noor Haliza Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nurul Ahmat Fauzi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Redha Anshri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4877

Keywords:

Keywords:Peran Guru Pai, Menjaga Moral, Generation Z, Distraksi Digital.

Abstract

Abstract. Media sosial telah membawa perubahan signifikan tidak hanya dalam pola komunikasi, tetapi juga dalam cara generasi muda mengakses, memahami, dan merespons informasi, termasuk dalam ranah pendidikan dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina moral serta karakter Generasi Z di SMAN 6 Palangka Raya, khususnya di tengah tantangan era digital dan maraknya penggunaan platform seperti TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, serta melibatkan teknik Focus Group Discussion (FGD) untuk menggali pandangan siswa mengenai dampak TikTok terhadap moralitas mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI menjalankan tiga peran sentral, yaitu sebagai pendidik nilai moral (moral educator), teladan (role model) dalam bersikap dan berperilaku, serta fasilitator dalam literasi digital dan moral. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pendidikan moral yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Generasi Z.

References

Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. Sosioreligius: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 6(2). Https://Doi.Org/10.24252/Sosioreligius.V6i2.27617

Aini, S. Q., & Syamwil, F. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Sekolah. MANAGERE : Indonesian Journal Of Educational Management, 2(2), 149–156. Https://Doi.Org/10.52627/Ijeam.V2i2.34

Alfusanah, F., Ramada, E., Mukarohmah, A. H., Fathurrohman, A., Anwar, C., & Anwar, S. (2024). The Urgency Of Value Education In Forming Students ’ Character In The Era Of Society 5.0. TOFEDU : The Future Of Education Journal, 3(5), 1957–1963. Https://Doi.Org/1957 This Work Is Licensed Under A Creative Commons Attribution 4.0 International License. E-ISSN 2961-7553 P-ISSN 2963-8135 TOFEDU: The Future Of Education Journal Volume 3 Number 5 (2024) Page: 1957-1963 E-ISSN 2961-7553 P-ISSN 2963-8135 Https://Journal.Tofedu.Or.Id/Index.Php/Journal/Index

Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365. Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V10i2.1271

Arini, D. T., & Arif, M. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Tematik. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1), 17–31. Https://Doi.Org/10.53915/Jurnalkeislamandanpendidikan.V12i1.49

Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125.

Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. MUDABBIR Journal Reserch And Education Studies, 3(2), 27–35. Https://Doi.Org/10.56832/Mudabbir.V3i2.368

Asiah, N., Sholeh, S., & Maryati, M. (2021). Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Sjurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), : 212 – 217. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V6i2.203

Basyori, S. I. (2025). Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Dunia Pendidikan Modern. Syntax Idea, 7(4), 559–564. Https://Doi.Org/10.46799/Syntaxidea.V7i4.12827

Damayantia, D. R. A., & Ridwan, A. (2024). Social Studies In Education Perubahan Sosial Dan Pendidikan Dalam Peran Guru PAI Di Era Digital. Social Studies In Education, 02(02), 123–138. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15642/Jpai.2022.10.2.149-162

Datunsolang, R., Sidik, F., & Erwinsyah, A. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 181–197. Https://Doi.Org/10.58176/Edu.V2i2.159

Fadhilah, N., & Usriadi, A. Y. (2025). Peran Pendidikan Islam Sebagai Solusi Krisis Moral Generasi Z Di Era Globalisasi Digital.

Febrianty, S. E., & Muhammad, S. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Pro Gen Z. Uppm Universitas Malahayati.

Haniyyah, Z. (2021). Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 75–86. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54437/Irsyaduna.V1i1.259

Hardiansyah, H., Azmi, M., & Malik, A. (2025). Inovasi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Mts DDI Cambalagi Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah (Pengkajian Pendidikan , Hukum Dan Kemasyarakatan), 1(2).

Hawa, S. A. Al, Amanda, S. T., Agustin, S., Nafi’ah, S. M., & Malikah, N. (2024). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pelajaran TIK Di Mts Darul Huda Mayak. Muaddib, 2(2), 55–60.

Hazyimara, K., & Suwarni, W. S. D. (2023). Peran Sentral Guru Dalam Pendidikan Karakter Di Era Digital. SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(3), 50–57. Https://Doi.Org/10.59966/Setyaki.V1i3.595

Hidayah, I. (2023). Navigasi Ruang Digital: Peran Guru Dalam Kampanye Moderasi Beragama Melalui Media Sosial. Journal Of Education Research, 4(4), 2439-2451.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Husna, M., Herlina, P., & Supriatna, S. (2024). Literasi Digital Sebagai Jembatan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era 5.0. Didaktik : Jurnal Ilmian PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 166–180.

Isnaini, H. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 19(1), 1290–1295. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.61132/Ikhlas.V1i4.131

Jalaluddin, J. (2024). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Ananalysis Jurnal Of Education, 2(1), 5–24.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal Of Instructional And Development Researches, 4(1), 25–37. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53621/Jider.V4i1.282

Maisyanah, M., Syafa’ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 3(April), 15. Https://Doi.Org/10.47498/Tadib.V12i01.328

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V6i1.349

Novia, N. H., & Andika Rusmana, D. S. (2022). Peran Guru Sebagai Opinion Leader Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa SD Negeri Parunggalih Di Era Digital. Jurnal Sosial-Politika, 3(1), 14–29. Https://Doi.Org/10.54144/Jsp.V3i1.46

Nur, M. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Anak. JKP, 2(2), 398–402.

Nur Zazin, Muhammad Zaim. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi Z. Proceeding Antasari International Conference. File:///C:/Users/User/Downloads/3744-Article Text-10774-1-10-20200811 (1).Pdf

Nurhayati, D., Ekasari, I. Y. E., & Ani, R. N. A. (2024). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Dekadensi Moral Anak: Literature Review. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 5(1), 433–446. Https://Doi.Org/10.54373/Imeij.V5i1.607

Oktaviani, N. M. A. D. (2025). Revitalisasi Nilai Tattwa Dan Etika Hindu Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Era Digital. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(02), 149-159.

Parnawi, A., & Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di SMK Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178. Https://Doi.Org/10.47353/Bj.V3i1.209

Rahmah, N., Afif, S., Saleh, M., Nurkhofifah, N., Zaida, N., Saragih, H., Alkhalid, H. S., & Lhokseumawe, I. (2025). Efektifitas Konten Edukasi Keislaman Di Platform Media Sosial : Analisis Resepsi Khalayak Generasi Z Tantangan Dalam Penyampaian Konten Meski Banyak Konten Edukasi Keislaman Tersedia Di Media Sosial , Masih Ada Tantangan. Jurnal Tabsyir Humaniora Sosial, 6.

Rozak, A. (2023). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Vii Di Sekolah Mts Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study And Review (Lsr). El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.54125/Elbanar.V6i1.149

Safrudiningsih, S., Damayanti, R., & Gurning, S. T. (2023). Edukasi Dampak Penggunaan Media Sosial (Tik Tok, Youtube Dan Instagram) Di Kalangan Anak-Anak. Prosiding Sendimas, 8(1), 415–423.

Salsabila, F. N., Agustina, Y., & Rachman, I. F. (2024). Literasi Digital : Peran Guru Dan Pendidik Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Ilmiah Research Student, 1(5), 342–351. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.61722/Jirs.V1i5.1380

Setyastuti, F. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda Di Era Modern. Https://Www.Kompasiana.Com, 9(November).

Sinambela, C. M. L. (2023). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Fear Of Missing Out Media Sosial Pada Pengguna Instagram Generasi Z Di Kota Medan (Doctoral Dissertation, Universitas Medan Area).

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. Https://Doi.Org/10.37329/Cetta.V6i3.2603.

Sunan, S. B. (2023). Metode Pendidikan Islam Dalam Buku Uṣul Al-Tarbiyyaḧ Al-Islamiyyaḧ Karya Abdurrahman Al-Nahlawi (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Supriadi, D. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN PAI DI ERA DIGITAL : STRATEGI MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR GEN-Z. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 4.

Suriani, A. I., & Hadi, S. (2022). Kebijakan Literasi Digital Bagi Pengembangan Karakter Peserta Didik. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 54–64. Https://Doi.Org/10.26618/Jkpd.V7i1.7030

Susilo, F., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1919–1929. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1950

Tsaqif Aufa, D., Darlis, A., Ali, F. W., Br Samura, W. R., & Ningsih, Y. (2023). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Umum. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 442–450. Https://Doi.Org/10.47467/Mk.V22i2.3087

Wally, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70–81. Https://Doi.Org/10.33477/Jsi.V10i1.2237

Winantika, E. Y., Febriyanto, B., & Utari, S. N. (2022). Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Digital. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.33222/Jlp.V7i1.1689

Wiramaya, D. S. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Akidah Generasi Z Muslim Di Perkotaan. 4.

Downloads

Published

2025-06-02

Issue

Section

Articles