PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i4.5019Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan minat belajar dan partisipasi aktif siswa di kelas. Sementara itu, pembelajaran yang efektif berfokus pada pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal melalui strategi yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan inovator dalam proses belajar mengajar. Guru menerapkan berbagai pendekatan kreatif, seperti penggunaan media interaktif, permainan edukatif, pembelajaran berbasis proyek, serta menciptakan suasana yang positif dan mendukung di kelas. Selain itu, guru juga secara rutin melakukan evaluasi dan refleksi untuk memperbaiki metode pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
References
Gagné, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction (4th ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.
Joyce, B., & Weil, M. (2000). Models of Teaching (6th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Zainuddin, Z., & Halili, S. H. (2016). Flipped classroom research and trends from different fields of study. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(3), 313–340.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.