Pengelolaan Kelas Berbasis Manajemen untuk Meningkatkan Disiplin dan Kesiapan Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Waldo Harianja Universitas Negeri Medan
  • Maria Naibaho Universitas Negeri Medan
  • Mhd. Zulfan Nur Universitas Negeri Medan
  • Aman Simare-mare Universitas Negeri Medan
  • Elya Siska Anggraini Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i4.5313

Keywords:

Pengelolaan kelas, Kedisiplinan anak, Kesiapan belajar, Pendidikan anak usia dini

Abstract

 Penelitian ini membahas pengelolaan kelas di pendidikan anak usia dini dengan fokus pada peningkatan disiplin dan kesiapan belajar peserta didik. Studi dilakukan di TK Lely Medan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas indoor dan outdoor dapat meningkatkan kedisiplinan anak serta mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pengelolaan kelas tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas indoor dilakukan dengan sistem klasikal terkendali yang mengutamakan tata tertib dan pembiasaan, sedangkan pengelolaan kelas outdoor menekankan pembiasaan tata tertib dan penerapan hukuman bagi pelanggar disiplin. Hambatan yang ditemui antara lain kurangnya alat peraga, minat anak yang rendah terhadap kegiatan, serta masalah kecelakaan dan berebut permainan di kelas outdoor. Solusi yang diusulkan mencakup penambahan alat peraga, kreativitas guru dalam merancang kegiatan, dan pengaturan rasio guru-anak yang ideal. Kesimpulannya, pengelolaan kelas berbasis manajemen yang efektif dapat meningkatkan disiplin dan kesiapan belajar anak usia dini dengan dukungan strategi pembelajaran yang sesuai dan pengelolaan kelas yang kondusif.

References

Hayashikawa, M., & Bang, K. (2018). Kerangka Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)untuk Asia Tenggara (Vol. 1).

Rasmani, U. E. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584

Hibana, Adinda, W. N., & Samiaji, M. H. (2021). MANAJEMEN LEMBAGA PAUD Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Manajemen PAUD. In CV. Rumah Kreatif Wadah Kelir.

Mirawati, M., Justicia, R., Halimah, L., & Hopiani, A. (2023). Pelatihan Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan KOSP dan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Usia Dini, 9(2), 128. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52406

Marta, N. A., Mindarto, Djunaidi, D., Martini, S., Husmiati, R., Afrizal, A., & Putri, W. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mendesain Model, Metode, dan Media yang Inovatif, Kreatif, Komunikatif-Interaktif dan Menyenangkan Di PAUD/TK Kamboja Berseri 01 Wilayah Binaan Jakarta. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.21009/satwika.020205

Windi Pebriannti. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru Paud dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1477

Lidyasari, A. T., Purwanta, E., Maryatun, I. B., Salsavira, D., Ningrum, C., Uning, S., & Utami, P. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru PAUD dalam Pelatihan Pengembangan Kurikulum berbasis Local Wisdom. 8(5), 905–914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6099.

Downloads

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles