Kepemimpinan yang Melayani: Bagaimana Abdullah Azwar Anas Mendekatkan Pemerintah dengan Rakyatnya

Authors

  • Yessica Devina Hutabarat Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Elsa Sely Rahmayani Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Adrian Kurnia Sobana Putra Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • R. NurHafriza Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Jelita Silvia Hutabarat Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nurfaizah Salsabillah Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i5.6810

Keywords:

Abdullah Azwar Anas, Kepemimpinan, Kepemimpinan yang Melayani, Pemerintah Daerah, Transformasional

Abstract

Abdullah Azwar Anas dikenal sebagai sosok pemimpin transformasional yang berhasil membawa perubahan signifikan di Kabupaten Banyuwangi. Kepemimpinannya ditandai dengan pendekatan yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kinerja aparatur pemerintah. Di bawah kepemimpinan Anas, Banyuwangi mengalami kemajuan di berbagai sektor seperti pariwisata, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Ia mampu memotivasi aparatur sipil negara untuk bekerja secara maksimal dan menghadirkan perubahan positif yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.  Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan kepemimpinan yang melayani dari Abdullah Azwar Anas dalam mempererat hubungan antara pemerintah daerah dan masyarakatnya. Penelitian ini meneliti kepemimpinan yang melayani dalam konteks administrasi publik Indonesia, dengan fokus pada Abdullah Azwar Anas, mantan Wali Kota Surabaya, yang pendekatannya menunjukkan bagaimana pemimpin dapat menjembatani kesenjangan antara pemerintah dan warga. Ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang mengutamakan pelayanan dan partisipasi aktif masyarakat berhasil meningkatkan kepercayaan publik serta mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Keterlibatan dari penelitian ini menegaskan pentingnya kepemimpinan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat sebagai model efektif dalam pemerintahan daerah untuk memperkuat hubungan antara pemerintah dan rakyat serta meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan.

References

Dadang, A. M., Studi, P., Perkantoran, A., & Publik, P. (2023). Pentingnya Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik. 3, 133–139.

Dimas Ardi Nugraha, Ananta Fani Aprilia, Robiatul Awaliyah, & Mochammad Isa Anshori. (2023). Kepemimpinan Yang Melayani (Servant Leadership) : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), 109–117. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.159

Ferdinandito, A., & Haryani, T. N. (2021). GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP DALAM. 1(1).

Liffia riska pinda , lala gusti ayu , syofira mayang sari, nur salma. (n.d.). Latar Belakang Rumusan Masalah.

Makbul, M. (2025). Best Practice Kepemimpinan Kepala Daerah dalam Era Digital. Jurnal Hukum Dan Adminstrasi Publik, 3(1), 13–28. https://ejournal.literaaksara.com/index.php/JHAP/article/view/152%0Ahttps://ejournal.literaaksara.com/index.php/JHAP/article/download/152/118

Malik Kurniawan, A., Dwi Rahmawati, S., Kunci, K., Azwar Anas, A., & Transformasional, K. (2023). Kepemimpinan Abdullah Azwar Anas Dalam Memimpin Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Respon Publik, 17(5), 12–23.

Margaretha, M. (2012). Pengaruh Servant Leadership Terhadap. Manajemen, 11(2), 189–206.

Mursidi, A., Nurullita, H., & Rizki, N. (2021). LEADERSHIP OF THE REGENT ABDULLAH AZWAR ANAS IN DEVELOPING AND ADVANCING THE DISTRICT OF BANYUWANGI ERA 2010-2015. 2(3), 92–97.

Downloads

Published

2025-10-20

Issue

Section

Articles