Penerapan Media Pembelajaran Gimkit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di MAN 1 Palembang

Authors

  • Ade Ariana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Abdul Kher Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Alihan Satra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i5.6870

Keywords:

Media Pembelajaran, Gimkit, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Gimkit untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas XI di MAN 1 Palembang. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang bervariasi dan menarik, sehingga mengakibatkan menurunnya atensi siswa, yang berdampak pada hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan rancangan penelitian eksperimen semu menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI, dengan dua kelas yang diambil secara Purposive Sampling: kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa dan kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pretest dan posttest dan dianalisis menggunakan Independent Samples t-test setelah dipastikan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata kelas eksperimen dari 70,28 menjadi 83,19, dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), serta terdapat perbedaan yang signifikan antara skor posttest kedua kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Gimkit berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, Gimkit dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan interaktif yang dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

References

Agustin, Maulid. “Media Pembelajaran Berbasis Iptek Sebagai Sarana Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Paramurobi Vol. 7, no. 1 (2024): 188–90.

Agustina, Tresna Hamidah, Ellina Rienovita, and Mario Emilzoli. “Pembelajaran Berbasis Gamifikasi : Pemanfaatan Platform Gimkit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 4, no. 4 (2024): 1477.

Aini, Christian Nur, Ratna Nur Rahayu, Risca Nur Maulita, and Rachmalia Vinda Kusuma. “Implementasi Gimkit Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tuban.” Jurnal Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 5, no. 9 (2024).

Aziz, Mohamad. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 2 Cilegon.” Universitas Islam Negeri Sultan Hasanuddin, 2024. https://repository.uinbanten.ac.id/view/creators/Aziz=3AMohamad=3A=3A.html.

Dani, Dita Elha Rimah, Shaleh, and Nurlaeli. “Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 7, no. 1 (2023): 378.

Daniyati, Ani, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, and Usep Setiawan. “Konsep Dan Dasar Media Pembelajaran.” Jurnal of Student Research (JSR) Vol. 1, no. 1 (2023): 285.

Harahap, Khadijah Gani, and Hikmah Pradana. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal on Education Vol. 06, no. 3 (2024): 17222.

Hidayanti, Nur Afni, Maryamah, Agra Dwi Saputra, Achmad Fadil, and Imam Tauhid. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Palembang.” Jurnal Limas PGMI Vol. 04, no. 02 (2023): 82.

Irawan, Dodi. “Pendidikan Agama Islam Dalam Menciptkan Kepribadian Yang Baik Di Keluarga Dan Masyarakat.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains Vol. 11, no. 2 (2022): 22–31.

Kher, Abdul, Rahmat Hidayat, and Lukmanul Hakim. “Digitalisasi Dan Peradaban Islam: Fenomena Copy Paste Konten Digital.” Journal International Conference on Tradition and Religius Studies Vol. III, no. I (2024): 573.

Khotima, Istin Novalia, Amilda, Ali Murtopo, and Alihan Satra. “Pengaruh Metode Pembelajaran Al-Barqy Berbantuan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Paud Puji Handayani Palembang.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling Vol. 4, no. 6 (2022): 12741.

Miftah, Mohamad, and Nur Rokhman. “Kriteria Pemilihan Dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik.” Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1, no. 4 (2022): 415.

Nuraini, Nuraini, Ali Imron, and Ahmad Syaifuddin. “Penerapan Metode Quantum Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al- Qur’an Santriwati.” Jurnal PAI Raden Fatah Vol. 4, no. 4 (2022).

Paramita, Aulia, Za’iamtun Niswati, and Zetty Karyati. “Micrososft Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Audiovisual Pada Taman Kanak-Kanak Fatahillah Lenteng Agung.” Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyrakat Vol. 05, no. 03 (2022).

Pratiwi, Andi Citra, Firdaus Daud, A. Mushawwir Taiyeb, Ismail, Muhammad Junda, and Nur Intan Marzuki. “Pelatihan Pemanfaatan Gimkit Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru Sekolah Menengah.” Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3, no. 1 (2024): 73.

Rohimat, Sonny, Solfarina, Samsiah, Fajar Izza Ramdhani, Raisya Fitri, and Nisa Aliyah. “Workshop Pengenalan Gimkit Untuk Asesmen Formatif Mode Game Online.” Jurnal Nusantara Berbakti Vol. 1, no. 4 (2023): 226.

Rustamana, Agus, Muhamad Ade Firman, Tb. Rafli Zainul Arifin, and Suryaningrat. “Metode Eksprimen.” Jurnal Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 5, no. 6 (2024).

Sahir, Syafrida Hafni. Metodologi Penelitian. Jogjakarta, 2021.

Saleh, M. Sahib, Syahruddin, Muh. Syahrul Saleh, Ilham Azis, and Sahabudin. Media Pembelajaran. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA, 2023.

Sari, Alya Novita, Mardeli, Mardeli, and Lidia Oktamarina. “Pengaruh Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Pada Anak Kelompok B.” Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains Vol. 10, no. 2 (2022): 335–36. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/13251/0.

Sari, Suci Perwita, Sazkia Aprilia, and Khalifatussadiah. “Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.” Educational Journal of Elementary School Vol. 1, no. 1 (2020): 20.

Septasari, Popi, Muhammad Isnaini, and Baldi Anggara. “Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Dalam Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI Di MAN 2 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah Vol. 3, no. 1 (2021).

Sianturi, Rektor. “Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisi.” Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama Vol. 8, no. 1 (2022): 388.

Susanti, Lidia, Eva Handriyantini, and Amir Hamzah. Era Merdeka Belajar. Edited by F. Wiwin. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2023.

Takrip, Muhamad, Pathurrahman, Jhon Supriyanto, Hendhri Nadiran, Almunadi, and Halimatussa’diyah. “Draft Implementation Learning Discovery Learning Interpretation Material Through Artificial Intelligence Chatbot Media Era Society 5.0.” Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 2025.

Usmandi. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).” Inovasi Pendidikan Vol. 7, no. 1 (2020): 51.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah, Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Jurnal on Education Vol. 05, no. 02 (2023): 3935.

Wulandari, Sabrina Septi, Supriyono Fadhilawati, Miza Rahmatika Aini, and Dian Fadhilawati. “The Efficacy of Gimkit Increase Student’s Reading Achievement of Hortatory Expostion Text at SMAN 1 Sutojayan.” Jurnal of Student Academic Research Vol. 9, no. 1 (2024).

Downloads

Published

2025-10-29

Issue

Section

Articles