Internalisasi Nilai Nilai Pancasila dan Relevansinya Bagi Kehidupan Berbangsa

Internalisasi Nilai Nilai Pancasila dan Relevansinya Bagi Kehidupan Berbangsa

Authors

  • Ayudianurullia Universitas Bandar Lampung Lampung, Indonesia
  • Julia Agustia Cahyani Universitas Bandar Lampung
  • Mutiara Amri Putri Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.6933

Keywords:

Pancasila, internalisasi nilai, kehidupan berbangsa, pendidikan karakter, relevansi, ideologi bangsa.

Abstract

Pancasila merupakan dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang menjadi pedoman utama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkeadilan, beradab, dan bermartabat. Di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, Indonesia menghadapi tantangan seperti lunturnya semangat gotong royong, meningkatnya individualisme, serta krisis moral dan etika sosial. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pemahaman konseptual terhadap nilai-nilai Pancasila dan pengamalannya dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan mengkaji proses internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat serta relevansinya terhadap dinamika sosial, politik, ekonomi, dan budaya modern. Dengan pendekatan normatif dan empiris, penelitian menelusuri implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan, keteladanan pemimpin, dan kebijakan publik berkeadilan sosial. Hasil kajian menunjukkan pentingnya pembiasaan, keteladanan, dan pendidikan karakter berbasis Pancasila. Revitalisasi nilai-nilai Pancasila menjadi keharusan untuk membentuk generasi muda yang nasionalis, toleran, dan berkepribadian Indonesia, agar bangsa tetap kokoh dan bermartabat di tengah arus perubahan global.

References

Akbar Fauzia, N. (2023). Internalisasi Pancasila Pada Lingkup Perguruan Tinggi. Jurnal Pancasila dan Bela Negara, 2(1).

Alwasi, F., Anggraeni D., & Furnamasari Y. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Menjaga Eksistensi Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa-Negara di Era

Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Asmaroini, A.P., Trisofirin, M., & Shohenuddin, S. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Sanggar Belajar Sentul Malaysia. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2).

Basamah, S.A., & Ediyono, S. (2023). Efektivitas Metode Internalisasi Nilai Pancasila Melalui Mata Kuliah Filsafat Pancasila di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 12(2).

Hasan, Z., Hamaminata, G., Cahyono, R., Guntur, M., & Fahrozi N. (2023). Peran Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam Upaya Menanggulangi Perbedaan Politik Identitas. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia, 1(2).

Hasan, Z. (2022). Penerapan Nilai–Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Hukum di Indonesia. Perkara: Jurnal Ilmu Hukum dan Politik, 2(2).

Hasan, Z., Rachmat F., Andika, A.P., & Al Jabbar, M.R.D. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Budaya Lokal dan Pancasila. Journal of Accounting Law Communication and Technology.

Ismi, J., Liana, I.N., & Laeli, R. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Journal of Education.

Kolo, A., & Sani Y.S. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di SMA R.A Kartini Maktihan Kabupaten Malaka melalui Film Inspiratif Berbasis Nilai Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4).

Marlina, T. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Profil Pelajar Pancasila Terhadap Transformasi Pembelajaran Era Digital di SD/MI. Journal of Education Research, 5(4).

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2023). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka

Downloads

Published

2025-11-05

Issue

Section

Articles