PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN KAMPUS

Authors

  • Zainudin Hasan Universitas Bandar Lampung
  • Devany Gotama Universitas Bandar Lampung
  • Lidya Natalia Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7006

Keywords:

Pancasila, mahasiswa, implementasi, kehidupan kampus, globalisasi.

Abstract

 

Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia mengandung nilai fundamental yang menjadi pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peran penting dalam menginternalisasi nilai Pancasila di kehidupan kampus yang multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, implementasi, faktor pendukung dan hambatan, serta pengaruh globalisasi dan media sosial terhadap penerapan Pancasila di kalangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan empiris melalui kuesioner (20 responden) dan normatif melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% mahasiswa memahami makna Pancasila, tetapi hanya 55% yang aktif mengimplementasikannya dalam kegiatan nyata. Nilai gotong royong, musyawarah, dan toleransi cukup hadir, namun belum optimal. Faktor pendukung antara lain organisasi kemahasiswaan dan peran dosen, sedangkan hambatan berupa rendahnya kesadaran, kurangnya program penguatan karakter, serta pengaruh media sosial. Kesimpulan penelitian ini menegaskan perlunya strategi kampus dalam menghadirkan program aplikatif agar nilai Pancasila tidak hanya dipahami, tetapi juga dihidupi mahasiswa.

References

Aulia, Fitria N. (2022). "Relevansi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Era Globalisasi." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia, 7(1).

Kurniasi, Dewi & Damanik, Rizal. (2021). "Internalisasi Nilai Pancasila di Lingkungan Perguruan Tinggi." Jurnal Civic Hukum, 6(2).

Suryani, Theresia. (2020). "Pengaruh Globalisasi dan Media Sosial terhadap Menurunnya Nilai Kebangsaan Mahasiswa." Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(3).

Nuraprilia, S., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 448-459. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.137

Hasan, Zainudin. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. Journal of Law and Nation (JOLN), 3(2). Journal Appihi+1

Hasan, Zainudin. (2024). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Lunturnya Jiwa Nasionalisme terhadap NKRI. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Priwardani, Ahira N., Ajeng Auriellia Dini Monica & Muhammad Nur Fauzi Yaasiin. (2023). "Pancasila Sebagai Sistem Etika". Indigenous: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kebudayaan, 2(3). Jurnal Universitas Sebelas Maret

Nilai Pancasila Sebagai Landasan Moral dan Etika bagi Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi." (2023). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,... ejournal.aripi.or.i

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Kampus." (2024). TUTURAN: Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 2(2). E-Journal Nalanda

Malik, Ajeng Nafisya R., Junika Ferdila, Charel Zhalsadilla Haqni, Intan Nur Fadila & Anastasia Pratama Putri. "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Kampus." TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, Vol. 2 No. 2 (2024), hal. 278-291. E-Journal Nalandap

Yunike Dita Prambudi & Fatma Ulfatun Najicha. "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Implikasinya terhadap Mahasiswa sebagai 'Agent of Change'." Jurnal Rontal Keilmuan PKn, Vol. 8 No. 2 (2022). Jurnal STKIP PG TULUNGAGUNG+1

Subakdi. "Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Mahasiswa di Era Digital sebagai Generasi Penerus Bangsa." Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 7 No. 2 (2023). Journal UPY

"Analisis Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Kampus dan Dampaknya terhadap Perilaku Mahasiswa dan Civitas Akademika." GURUKU: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, Vol. 2 No. 3 (2024

Darmawan, A. (2018). Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa.

Gultom, A. F. (2024). Objektivisme nilai dalam fenomenologi Max Scheler. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(4), 141-150. https://doi.org/10.56393/decive.v4i4.2107

Anggraini, K., et al. (2020). Peran Generasi Muda dalam Penguatan Identitas Bangsa, mengutip konsep Rajasa (2007).

Downloads

Published

2025-11-12

Issue

Section

Articles