Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Digital Sehari-hari

Authors

  • Zainudin Hasan Universitas Bandar Lampung
  • M. Reyhan Al Rizkie Sumbahan Universitas Bandar Lampung
  • Agam Izazi Universitas Bandar Lampung
  • M. Aqiel Darmawan Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7066

Keywords:

Pancasila, literasi digital, etika digital, nilai kebangsaan, karakter bangsa, teknologi informasi.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak luar biasa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Di satu sisi, digitalisasi memberikan kemudahan akses informasi, efisiensi komunikasi, dan peluang ekonomi baru. Namun di sisi lain, muncul pula tantangan serius seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, polarisasi sosial, dan penurunan nilai moral. Oleh karena itu, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa menjadi penting untuk dijadikan pedoman moral dalam kehidupan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dalam aktivitas digital sehari-hari, mengidentifikasi hambatan yang muncul, serta menyusun strategi penguatan implementasi nilai Pancasila di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka dari berbagai jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap sila Pancasila memiliki relevansi yang kuat terhadap etika digital, mulai dari penghormatan terhadap keyakinan, penghargaan terhadap kemanusiaan, penguatan persatuan nasional, pelaksanaan demokrasi digital, hingga pemerataan akses teknologi untuk mencapai keadilan sosial. Implementasi Pancasila di ruang digital menuntut kerja sama antara pemerintah, lembaga pendidikan, masyarakat, dan platform digital agar ruang maya menjadi tempat yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan, kemanusiaan, dan keadilan sosial.

References

Ardana, I. M. (2024). Pendidikan karakter berbasis Pancasila di era digital. Jurnal Pendidikan Nasional, 14(2), 113–128.

Fauziah, L., & Prasetyo, D. (2023). Hoaks, etika digital, dan penguatan nilai kebangsaan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 22(1), 45–59.

Firmansyah, A. (2025). Revitalisasi nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan digitalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 17(1), 33–47.

Hasan, Z., Pradhana, R. F., Andika, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2024). Pengaruh globalisasi terhadap eksistensi identitas budaya lokal dan Pancasila. JIMA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 73–82.

Hasan, Z. (2025). Pancasila dan kewarganegaraan. Bandar Lampung: CV. Alinea Edumedia. ISBN 978-634-7309-29-7.

Hidayah, N., Simatupang, R., & Belladonna, A. (2022). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran era digital. Jurnal Civics, 20(3), 201–214.

Irawan, M. (2024). Etika teknologi berbasis Pancasila dalam pembangunan nasional. Jurnal Filsafat dan Teknologi, 11(2), 78–92.

Januari, R. (2024). Peran media digital dalam memperkuat persatuan nasional. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 55–69.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Nasoha, F. (2025). Pancasila sebagai etika sosial di ruang digital. Jurnal Pembangunan Sosial, 8(2), 102–118.

Que, S. R. (2024). Demokrasi digital dan kebijaksanaan publik dalam konteks Pancasila. Jurnal Politik dan Pemerintahan, 13(3), 187–201.

Rafiki, A. (2022). Gerakan literasi digital dan penguatan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian Kominfo.

Sadira, P. (2024). Keadilan digital dan kesenjangan akses informasi di Indonesia. Jurnal Kebijakan Publik, 12(1), 91–105.

Santoso, T. (2024). Etika bermedia sosial dan nilai kemanusiaan dalam perspektif Pancasila. Jurnal Komunikasi Modern, 10(4), 143–158.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, M. (2024). Kesenjangan digital dan etika informasi di masyarakat Indonesia. Jurnal Media dan Teknologi, 5(2), 66–79.

Tambunan, A. (2024). Pancasila dan tanggung jawab moral dalam era teknologi informasi. Jurnal Filsafat Nusantara, 6(1), 55–70.

Wahyudi, F. (2023). Pendidikan moral dan etika digital di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(1), 88–101.

Wibowo, H. (2025). Penerapan nilai Pancasila dalam ekonomi digital Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 19(1), 33–45.

Yuliani, D. (2023). AI dan kemanusiaan: Perspektif etika Pancasila. Jurnal Teknologi dan Filsafat, 8(3), 145–159.

Downloads

Published

2025-11-19

Issue

Section

Articles