PERAN PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT BELA NEGARA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI BAGI MAHASISWA UBL ANGKATAN 2025

PERAN PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT BELA NEGARA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI BAGI MAHASISWA UBL ANGKATAN 2025

Authors

  • Veronika Lentera Alfansa Universitas Bandar Lampung
  • Marsya Anindia Putri Universitas Bandar Lampung
  • Kadek Dinda Irmawati Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7149

Keywords:

Pancasila, bela negara, mahasiswa, nilai kebangsaan, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan semangat bela negara di kalangan mahasiswa Universitas Bandar Lampung Angkatan 2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena menurunnya kesadaran kebangsaan dan semangat bela negara akibat pengaruh globalisasi, budaya digital, serta gaya hidup individualistis di kalangan generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan antara metode empiris dan normatif dengan desain kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, survei sederhana, serta dokumentasi kegiatan kemahasiswaan, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (84%) memiliki pemahaman konseptual yang kuat terhadap peran Pancasila dalam membangun semangat bela negara. Nilai-nilai yang paling sering diimplementasikan mahasiswa adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab serta Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, yang tercermin melalui perilaku gotong royong, kepedulian sosial, dan partisipasi dalam kegiatan kebangsaan. Namun demikian, masih terdapat kesenjangan antara pemahaman dan praktik nyata, terutama akibat pengaruh media sosial, rendahnya kesadaran diri, dan lingkungan kampus yang kurang mendukung internalisasi nilai-nilai kebangsaan. Secara normatif, Pancasila dipahami sebagai landasan moral, ideologis, dan konstitusional yang membentuk karakter warga negara untuk berperan aktif dalam bela negara. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan pendidikan Pancasila secara kontekstual dan aplikatif, baik melalui kurikulum, kegiatan kampus, maupun literasi digital. Upaya tersebut diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud bela negara di era digital.

References

penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. PT Rajagrafindo Persada.

Creswell, J. W. (2011). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (A. Fawaid, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febrianto, R. A., & Nugroho, D. (2023). Implementasi sila ketiga Pancasila butir ke-6 mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari terkait informasi teknologi. ADIL Indonesia Journal, 4(1), 65–73.

Hasan, R. (2022). Menumbuhkan sikap nasionalisme dan bela negara mahasiswa melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 8–20.

Hasan, Z. Dkk. (2024). urgensi Pendidikan anti korupsi dalam membangun karakter anak bangsa. Journal of Accounting Law Communication and Technology, 1(2), 308-315.

Hasan, Z., Dkk. (2024). Implementasi Nilai-Nilai NKRI Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara. Journal of Accounting Law Communication and Technology, 1(2), 283-291.

Hasan, Z., Pradhana, R. F., Andika, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2024). Pengaruh globalisasi terhadap eksistensi identitas budaya lokal dan Pancasila. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 73-82.

Hasan, Z. (2022). Pancasila dan kewarganegaraan. Yogyakarta: Deepublish

Hidayahl, Y., Retnasari, L., & Ulfah, R. A. (2020). Membangun sikap bela negara mahasiswa melalui pendidikan Pancasila di perguruan tinggi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 85–100.

Kanuna, R. S., dkk. (2024). Sosialisasi nilai bela negara untuk meningkatkan literasi dan kesadaran bela negara bagi mahasiswa di era 5.0. PADMA, 4(2), 762–767.

Lestari, A. A., Sitanggang, C. S. U., Harisi, F. F., Novia, N., & Yulandari, S. (2024). Bela negara dalam kehidupan sehari-hari: Studi tentang kesadaran mahasiswa terhadap produk lokal. Cendekia Pendidikan, 3(4), 67–77.

Myrilla, N., Aini, S. N., Fadlyla, R., Razendri, C., Imanana, T., & Ghozali, I. (2024). Penerapan konsepsi bela negara pada kehidupan mahasiswa UPNVJT. International Proceedings: The Journal of Community Service, 1(1), 7–16.

Nurnashira, E. H. (2024). Implementasi proses pembelajaran pendidikan Pancasila bagi mahasiswa dalam semangat bela negara. Jurnal Pancasila dan Bela Negara, 4(1).

Pakpahan, E. F., Nadeak, I. L., Situmorang, C., & Halima Ompusunggu, S. (2024). Peran mahasiswa dalam menumbuhkan sikap bela negara di kalangan masyarakat. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 233–240.

Permata, D. A. (2023). Pentingnya pendidikan Pancasila dan karakter untuk menumbuhkan sikap bela negara dalam diri mahasiswa. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(5), 547–551.

Prastowo. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian (S. Meta, Ed.; 2nd ed.). AR-RUZZ Media.

Rahayu, S. K. (2021). Penguatan kesadaran bela negara pada remaja milenial menuju Indonesia emas. Pedagogika, 134–151.

Rahmagni, S. S., Maulana, K. A., Ramadhani, A. F., Bunga, B. A. S., Putri, R. L. F., & Haposan, M. J. (2024). Implementasi nilai bela negara di kalangan mahasiswa sebagai upaya menjaga ketahanan nasional. International Proceedings: The Journal of Community Service, 1(1), 71–78.

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018). Idealisasi ideologi Pancasila untuk pencegahan radikalisme melalui aktivitas bela negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Sagala, V., Sinaga, S., Purba, K., & Yunita, S. (2024). Dinamika kesadaran masyarakat khususnya generasi muda akan pertahanan dan semangat bela negara demi terwujudnya tujuan nasional Indonesia. Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 166–171.

Septiana, T. (2020). Pembelajaran bela negara dalam pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya membina semangat nasionalisme mahasiswa STKIP PGRI Kota Sukabumi. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 18(2).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-11-25

Issue

Section

Articles