TOLERANSI ANTARA UMAT BERAGAMA DALAM BINGKAI PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7239Keywords:
Pancasila, toleransi, kerukunan, agama, persatuan.Abstract
Toleransi antarumat beragama merupakan salah satu nilai fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki keberagaman agama, suku, dan budaya, Indonesia memerlukan dasar yang kuat untuk menjaga keharmonisan sosial. Pancasila sebagai dasar negara menjadi pedoman utama dalam membangun sikap toleransi tersebut. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, khususnya sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan sila ketiga “Persatuan Indonesia”, menegaskan pentingnya penghormatan terhadap perbedaan keyakinan serta penguatan persatuan dalam keberagaman. Melalui penerapan nilai-nilai Pancasila, masyarakat diharapkan mampu mengembangkan sikap saling menghormati, menghargai, dan bekerja sama tanpa memandang latar belakang agama. Dengan demikian, Pancasila berperan sebagai landasan moral dan etika dalam memperkokoh toleransi antarumat beragama demi terciptanya kehidupan bangsa yang rukun, damai, dan berkeadilan.
References
Daryanto, & Darmiatun, Suryatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hasan, Z. (2025). Pancasila dan kewarganegaraan. Jawa Tengah: CV Alinea Edumedia.
Hasan, Z., Putri, F. G., Riani, C. J., & Evandra, A. P. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Hukum di Indonesia. Perkara: Jurnal Ilmu Hukum dan Politik, 2(2), 11
Hasan, Z., Putri, F. G., Riani, C. J., & Evandra, A. P. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Hukum di Indonesia. Perkara: Jurnal Ilmu Hukum dan Politik, 2(2), 20.
Kaelan. (2017). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan, Pendidikan Pancasila, (Yogyakarta: Paradigma, 2018), 54.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Moderasi Beragama: Panduan untuk Pelaksanaan di Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan Pendidikan Pancasila dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdikbud.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. “Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila”, 2022.
Notonagoro. (1980). Pancasila: Dasar Falsafah Negara Republik Indonesia. Jakarta: Pantjuran Tujuh.
Latif, Yudi. (2011). Negara Paripurna: Historis, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: Gramedia.
Sari, D., & Prasetyo, A. (2021). Peran Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Toleransi di Kalangan Pelajar. [Jurnal atau Laporan Penelitian].
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudrajat. (2019). Pendidikan Pancasila dalam Perspektif Pembentukan Karakter Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









