PEMIKIRAN SOCRATES TERHADAP PENGEMBANGAN FILSAFAT MODERN

Authors

  • Silvi Duwi Nitami Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
  • Puji Gusri Handayani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7277

Keywords:

Socrates, Filsafat Modern, Rasionalisme

Abstract

Socrates merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah filsafat Barat karena berhasil mengalihkan fokus filsafat dari spekulasi kosmologis menuju kajian mendalam mengenai manusia, moralitas, dan proses memperoleh pengetahuan. Melalui metode elenchus atau tanya-jawab, ia menegaskan bahwa kebenaran harus dicari melalui dialog kritis, rasionalitas, dan kesadaran diri. Keterkaitan antara pemikiran Socrates dan filsafat modern tampak jelas dalam orientasi yang sama terhadap akal dan sikap kritis terhadap keyakinan yang tidak teruji, sebagaimana terlihat dalam rasionalisme René Descartes. Penelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan sistematis antara pemikiran Socrates dan fondasi filsafat modern, khususnya dalam konteks keraguan metodis Descartes dan perkembangan epistemologi modern. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber primer dan sekunder terkait pemikiran Socrates dan filsafat modern. Hasil kajian menunjukkan bahwa keduanya dihubungkan oleh keyakinan bahwa akal merupakan instrumen utama dalam menemukan kebenaran. Relevansi pemikiran Socrates tetap kuat dalam kehidupan kontemporer, terutama dalam menghadapi banjir informasi, polarisasi sosial, dan kecenderungan menerima pendapat tanpa verifikasi. Warisan intelektual Socrates menegaskan bahwa kemajuan pengetahuan dan kehidupan moral yang bijaksana bergantung pada rasionalitas, dialog kritis, serta kejujuran intelektual.

References

Anshari, M. I. (2024). Konsep filsafat Barat dan Islam tentang sumber pengetahuan (Perspektif Rene Descartes, John Locke, dan Al-Ghazali). Jurnal Filsafat Indonesia, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jfii.v7i1.

Britannica. (2021). The rationalism of Descartes. https://www.britannica.com/topic/Western-philosophy/The-rationalism-of-Descartes

Dahlan, M. (2009). Pemikiran filsafat moral Immanuel Kant (Deontologi, imperatif kategoris, dan postulat rasio praktis). Ilmu Ushuluddin, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.18592/jiu.v8i1.1369

Dewantara, A. W. (2017). Filsafat moral: Pergumulan etis keseharian hidup manusia. Yogyakarta: Kanisius.

Falikowski, A. F. (1990). Moral philosophy: Theories, skills and application. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Farenti, F., & Sekonda, F. A. (2022). Pengaruh kesadaran diri (self awareness) terhadap perencanaan karier pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13640–13646. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4488

Fawaid, A., & Nadifah, N. (2024). Pandangan dan tantangan guru dalam penerapan metode Socrates untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(1), 50–72. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i1.1398

Maulana, Z. A., Prihesnanto, F., & Supratno, S. (2025). Pemberdayaan self awareness untuk karakter belajar siswa SMK di Desa Sukamurni. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(3). https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3

Nur Al Fajri, F., Hartono, R., & Hakim, L. (2020). Pengaruh pendidikan karakter terhadap pengembangan diri pada siswa di SMPN 1 Sumbawa Besar. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi dan Pendidikan, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.36761/jp.v3i1.605

Pitorini, D. E., Suciati, S., & Ariyanto, J. (2020). Kemampuan argumentasi siswa: Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terbimbing dipadu dialog Socrates. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 26–38. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.27761

Putra, I. K. R. A. (2013). Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi melalui metode dialog Socrates untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.276

Setiawan, R. H. (2017). Penerapan metode Socrates terhadap kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan, 5(1), 12–20.

Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. A. (2017). Disposisi berpikir kritis matematis dalam pembelajaran menggunakan metode Socrates. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 4(2), 1–9.

Virliony, A., Muzaki, R. I., & Asbari, M. (2023). Mengenal diri dalam perspektif filsafat Socrates. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 45–58.

Witono, H., Karma, I. N., Hakim, M., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan modul pemahaman diri sebagai media inovasi bimbingan berbasis karakter siswa SD di era new normal. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 105–115. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.894

World History Encyclopedia. (2021). Socrates. https://www.worldhistory.org/socrates/

Downloads

Published

2025-12-01

Issue

Section

Articles