Filsafat Bangsa Indonesia

Authors

  • Naurah Syadiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Alya Rasikah Aulia Universitas Islam Syarif Hidayatullah
  • Faqih Adzkia Rabbani Universitas Islam Syarif Hidayatullah
  • Zaenul Slam Universitas Islam Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v3i1.7705

Keywords:

Aktualisasi, Legislasi, Nilai – nilai luhur, Dasar Negara, Pancasila

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis secara konseptual kedudukan Pancasila sebagai ideologi nasional Indonesia. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberi pembaca pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana keyakinan terhadap Pancasila membentuk kepribadian dan identitas Indonesia. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini meninjau berbagai sumber, termasuk artikel BPIP, literatur ilmiah, publikasi ilmiah, dan naskah resmi negara. Pendekatan analisis isi ini menggunakan pendekatan yang melibatkan penyederhanaan, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang makna, kedudukan, dan penerapan Pancasila sebagai ideologi nasional bagi Indonesia. Pancasila adalah dasar nasionalisme Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan kerangka filsafat yang mengintegrasikan nilai-nilai ke dalam lima asas yang saling terkait: aksiologis, ontologis, dan epistemologis. Secara aksiologis, Pancasila memberikan asas dan tujuan moral yang bermanfaat bagi kehidupan sosial, politik, dan hukum; secara ontologis, Pancasila berlandaskan pada gagasan bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang monopluralistik; dan secara epistemologis, pengetahuan tentang Pancasila bersumber dari pengalaman kolektif dan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Pancasila, yang merupakan standar dasar negara, atau standar dasar pemerintah, adalah dasar dari semua sumber hukum Indonesia. Sistem peradilan nasional yang adil, bermoral, dan beradab sangat dipengaruhi oleh prinsip-prinsip Pancasila.

References

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan nilai-nilai Pancasila dalam membangun kepribadian masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138.

Ahmad, F. (2023). Implementasi nilai Pancasila sebagai landasan moral dalam membangun karakter generasi muda Indonesia di era globalisasi. The Indonesian Journal of Politics and Policy (IJPP), 5(1), 182–191.

Almahdali, H., Milia, J., Pristiyanto, P., Juliardi, B., Patmawati, S. A., Riyanti, D., Baali, Y., Udaya, L. O. M. R. A., Rozikin, I., & Arman, Z. (2024). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Anggraeni, L. (n.d.). BAB 1 PENGANTAR KEWARGANEGARAAN DAN PANCASILA. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, 1.

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi nilai nilai pancasila dalam penguatan karakter bangsa. Widyadari, 21(2), 676–687.

Aulia, D. D., Maulidi, R. P., Marjohan, M., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Landasan filosofis pendidikan. Journal on Education, 5(1), 432–441.

Balya, H. (2024). Reaktualisasi Pancasila Sebagai Landasan Filosofis Hukum Nasional. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 11(1).

Dewi, A. P., Karunita, R. K., & Taneli, Y. A. (2024). Pancasila: Filosofi Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik Dan Kebijakan Negara, 1(3), 1–10.

Eleanora, F. N. (2012). Pancasila sebagai norma dasar dalam sistem hukum Indonesia. ADIL: Jurnal Hukum, 3(1), 141–165.

Fauzia, A., & Hamdani, F. (2021). Aktualisasi nilai-nilai pancasila dan konstitusi melalui pelokalan kebijakan Hak Asasi Manusia (HAM) di daerah. Indonesia Berdaya, 2(2), 157–166.

Febriansyah, F. I. (2017). Keadilan Berdasarkan Pancasila Sebagai Dasar Filosofis Dan Ideologis Bangsa. DiH: Jurnal Ilmu Hukum, 1–27.

Hamidi, J., & Lutfi, M. (2010). Civic education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. PT Gramedia Pustaka Utama.

Harefa, A. (2011). Implementasi Pancasila sebagai dasar filsafat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains, Dan Pembelajarannya, 5(2), 437–451.

Hasan, Z., Majidah, S., Yansah, A., Salsabila, R. F., & Wirantika, M. S. (2024). Konstitusi Sebagai Dasar Hukum Dalam Pembangunan Sistem Hukum Nasional. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 44–54.

Havian, R., & Najicha, F. U. (2024). Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara. December.

Hernadi Affandi, S. H. (2020). Pancasila-Eksistensi dan Aktualisasi. Penerbit Andi.

Hudi, I., Purwanto, H., Miftahurrahmi, A., Marsyanda, F., Rahma, G., Aini, A. N., & Rahmawati, A. (2024). Menghadapi Krisis Moral dan Etika Pada Generasi Muda Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 233–241.

Irawan, A. D., & Prasetyo, B. (2022). Pancasila Sebagai Landasan Politik Hukum Kebangsaan Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(1), 1–7.

Izzati, H. N., & Muslikhah, U. (2024). Pancasila Sebagai Falsafah Bangsa Indonesia. Desiderata Law Review, 1(3), 19–34.

Judijanto, L., Mawara, R. E., Winarto, B. R., Subakdi, S., Irawatie, A., Ikhwanudin, I., Hardiyanto, L., & Dameria, M. (2024). Pancasila: Dasar Negara dan Panduan Hidup Berbangsa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kesek, M. N. (2025). Buku Ajar Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. PT Penerbit Qriset Indonesia.

Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan pendidikan karakter Pancasila dalam lingkungan sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247–9258.

Novrizal, R. I., Marzuki, M., & Nasution, M. (2021). PANCASILA SEBAGAI STAATSFUNDAMENTALNORM INDONESIA DALAM PEMBENTUKAN HUKUM NASIONAL (Perspektif Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja). Jurnal Ilmiah METADATA, 3(2), 541–558.

Pahlevi, F. S. (2016). Revitalisasi Pancasila Dalam Penegakan Hukum Yang Berkeadilan Di Indonesia. Justicia Islamica, 13(2), 173–198.

Permatasari, M. (2024). Problematika Implementasi Pendidikan Karakter di Indonesia Tahun 2010-2025. Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa: Konsep Dan Implementasi Di Indonesia, 55.

Pinasang, D. (2012). Falsafah Pancasila Sebagai Norma Dasar (Grundnorm) Dalam Rangka Pengembanan Sistem Hukum Nasional. Jurnal Hukum UNSRAT, 20(3), 1–10.

Pradhani, S. I. (2018). Konsepsi Manusia Indonesia Dalam Perspektif Ideologi Hukum Indonesia. Mimbar Hukum-Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 30(1), 48–62.

Purwono, U. H. (2024). Rekonstruksi Paradigma Penyidikan Dalam Sistem Negara Hukum Pancasila untuk Mewujudkan Keadilan Berdasarkan Pancasila. Binamulia Hukum, 13(2), 483–499.

Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.

Rahayu, P., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Problematika Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 2653–2660.

Ras, P., & Risma, Y. (2022). Pancasila Sebagai Landasan Pertahanan Negara di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Ratri, E. P., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Pancasila dalam menanamkan jiwa nasionalisme pada generasi muda di era globalisasi. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 25–33.

Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 30–38.

Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan karakter bangsa sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711.

Safitri, Y. D., Karomi, I., & Faridl, A. (2024). Dampak globalisasi terhadap moralitas remaja di tengah revolusi digital. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 72–80.

Saputra, E. (2025). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Pendidikan Tinggi: Membangun Karakter Bangsa serta Tantangan Kontemporer. PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA.

Saragih, G. M. (2022). Pancasila Sebagai Landasan Filosofis Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan (JUPANK), 2(1), 18–34.

Sarbaini, S. (2015). Instrumentasi Nilai-Nilai Esensial Sebagai Basis Revolusi Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah.

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia menuju bangsa berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82–89.

Sholahudin, U. (2019). Globalisasi: Antara peluang dan ancaman bagi masyarakat multikultural. JSPH (Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis), 4(2), 103–114.

Siahaan, J., Agustina, R., Jonandes, R., & Fitriono, R. A. (2022). Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa indonesia. Gema Keadilan, 9(3), 231–240.

Sinaga, M., Ahmad, A., & Saleh, I. N. S. (2025). Filsafat Hukum: Teori, Prinsip dan Hukum di Indonesia: Teori, Prinsip dan Hukum di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Siswanto, A. H. (2023). Analisis Kritis Aksiologi Pendidikan Nasional Antara Filsafat Pendidikan Islam vs Nilai-Nilai Pancasila. Sirajuddin: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 103–116.

Susanto, A. (2021). Filsafat ilmu: Suatu kajian dalam dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Bumi Aksara.

Sutono, A., Noorzeha, F., & Purwosaputro, S. (2025). Konsep Negara Integral Soepomo dan Relevansinya pada Penerapan Konstitusi di Indonesia Tahun 2024. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 30–46.

Sutono, A., & Purwosaputro, S. (2019). Aksiologi Pancasila. Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 8(2).

Tanamal, N. A., & Siagian, S. B. U. (2020). Pancasila sebagai landasan visional bagi spiritualitas kehidupan bangsa Indonesia dalam menangani intoleransi. Integritas: Jurnal Teologi, 2(1), 35–48.

Unggul, A. R. P., Ajati, D. T., Saputra, R. W., & FITRIONO, R. A. (2022). Pancasila sebagai dasar negara. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(04), 25–31.

Wijayanthi, F. R. (2021). Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. The Juris, 5(1), 133–145.

Wiyono, S. (2019). Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara sebagai Panduan dalam Mewujudkan Masyarakat Adil Makmur Berdasarkan Pancasila. Likhitaprajna, 15(1), 37–52.

Ar, A. S. H., & Ismail, I. (2024). Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Pemikiran Kritis Di Era Teknologi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 27–34.

Kasir, M. (2024). Peran Pancasila sebagai identitas nasional. Aptana: Jurnal Ilmu & Humaniora, 2(03), 39–44.

Khaydijah, A. N., Pamungkas, A., Destianawati, C., Nuryanto, J. A. P., & Dewi, Z. A. A. (n.d.). Adaptasi Ketahanan Nilai Pancasila sebagai Sistem Filsafat dalam Era Pendidikan Digitalisasi.

Mubah, A. S. (2011). Strategi meningkatkan daya tahan budaya lokal dalam menghadapi arus globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302–308.

Susmayati, S., Veranty, A., Cahyani, L. U., Rambe, S. M., Jahra, S. S., & Safitri, R. (2024). Mempertahankan Jati Diri Identitas Nasional Di Era Globalisasi Dan Digitalilasi. JURNAL TIPS JURNAL RISET, PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 62–70.

Downloads

Published

2025-12-16

Issue

Section

Articles