PERAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Authors

  • Rudy Harold Universitas Negeri Gorontalo
  • Armelia Balau Universitas Negeri Gorontalo
  • Karmila Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Moh Wahid Hamzah Universitas Negeri Gorontalo
  • Muh. Syahrul Maida Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v3i1.7765

Keywords:

nilai keagamaan, karakter mahasiswa, internalisasi nilai, pendidikan tinggi, sosiologi

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya internalisasi nilai-nilai keagamaan dalam membentuk karakter mahasiswa di tengah dinamika kehidupan kampus yang semakin kompleks dan plural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai keagamaan, sumber perolehannya, nilai yang paling berpengaruh, serta implikasinya terhadap pembentukan karakter dan interaksi sosial mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap mahasiswa semester awal, menengah, dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai keagamaan dimaknai sebagai pedoman fundamental dalam bersikap dan mengambil keputusan, dengan tingkat pemaknaan yang semakin reflektif seiring bertambahnya pengalaman akademik. Internalisasi nilai keagamaan bersumber dari keluarga, diperkuat oleh lingkungan kampus, teman sebaya, dan media digital. Nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kesabaran, dan toleransi terbukti berkontribusi signifikan terhadap perubahan karakter mahasiswa. Kesimpulannya, nilai-nilai keagamaan berperan penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang matang, berintegritas, dan beretika.

Author Biographies

Rudy Harold, Universitas Negeri Gorontalo

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial

Armelia Balau, Universitas Negeri Gorontalo

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial

Karmila Ismail, Universitas Negeri Gorontalo

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial

Moh Wahid Hamzah, Universitas Negeri Gorontalo

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial

Muh. Syahrul Maida, Universitas Negeri Gorontalo

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial

References

Afuwah, R. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius mahasiswa. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(2), 293–303. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.4608

Jakandar, L. I. E., Pantiwati, Y., Sunaryo, H., & Fikriah, A. (2025). Integration of religious values in character education: Building the morals of the golden generation. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 9(1), 124–141. https://doi.org/10.35723/ajie.v9i1.107

Kartika, I., Saepudin, H., Hidayat, O. R., Uswatiyah, W., Juliana, J., & Rohmatillah, N. (2023). Internalisasi nilai karakter religius melalui pendidikan Islam di era 5.0. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA, 4(1), 45–60. https://doi.org/10.30599/jfikunisa.v4i1.2023

Khoirunissa, K., & Jinan, M. (2025). Internalization of religious character values through habituation of religious activities at SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo. Journal of Educational Sciences, 9(3), 1127–1136. https://doi.org/10.31258/jes.9.3.p.1127-1136

Mangestuti, R., & Aziz, A. (2023). Enhancing students’ religiosity in educational context: A mixed-methods study. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), 217–230. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.2023

Mostofia, & Maulidi. (2024). Pembentukan karakter religius mahasiswi melalui program kuliah intensif. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 88–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4827

Mukhlis, Kenedi, G., Nursyamsi, & Pefriadi. (2024). Internalization of religious and cooperative character values through Rohis extracurricular activities. At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–69. https://doi.org/10.51468/jpi.v6i1.472

Nurjannah, D., Sari, S. W., Oktaviani, T., & Fakhruddin, A. (2025). Karakteristik religius kultur kampus dalam keseharian mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 7(2), 134–150. https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.799

Rafdinal, W. (2025). Rethinking character education in a multicultural society: Impacts of religious character on identity formation. TIJIE: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 21–36. https://doi.org/10.36706/tijie.v3i1.1879

Rozi, B. (2025). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius dan moral siswa. Pelita: Jurnal Studi Islam Mahasiswa UII Dalwa, 3(1), 122–134. https://doi.org/10.38073/pelita.v3i1.3748

Rukiyati, R., Hajaroh, M., Dwiningrum, S. I. A., & Kartika, B. (2025). Assessing religious character among Muslim university students in Yogyakarta, Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 22(1), 157–174. https://doi.org/10.14421/jpai.v22i1.10927

Sauri, S., Sanusi, A., Saleh, N., & Khalid, S. M. (2025). Strengthening student character through internalization of religious values in school. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 201–215. https://doi.org/10.33477/alt.v7i2.3369

Siswantara, Y., & Supriyadi, T. (2024). Religious character education: Students’ perspectives on religion in diversity. International Journal of Religion, 5(11), 1811–1826. https://doi.org/10.61707/vtmkt536

Widianti, Y., & Perdana, P. I. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 2(6), 13–25. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i6.2738

Downloads

Published

2025-12-18

Issue

Section

Articles