EDUKASI KESEHATAN TENTANG COVID-19 DI MASYARAKAT: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v3i1.7805Keywords:
Edukasi kesehatan, COVID-19, media sosial, masyarakat, pencegahanAbstract
ABSTRAK
Pandemi COVID-19 menuntut upaya edukasi kesehatan yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan, persepsi, dan perilaku pencegahan di masyarakat. Literatur review ini menyintesis temuan dari lima artikel yang berfokus pada edukasi kesehatan COVID-19 di masyarakat Indonesia. Proses review dilakukan melalui pencarian pada Google Scholar, PubMed, dan ScienceDirect dengan kata kunci terkait edukasi dan pencegahan COVID-19, dengan periode publikasi 2021–2025. Lima artikel terpilih dianalisis berdasarkan kualitas isi dan kesesuaiannya dengan tujuan review. Hasil sintesis menunjukkan bahwa metode edukasi, baik secara langsung maupun digital melalui media sosial seperti TikTok dan Instagram Live, memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang protokol kesehatan serta memengaruhi perilaku masyarakat dalam mencegah penularan COVID-19. Meskipun terdapat variasi pendekatan, seluruh studi menunjukkan dampak positif edukasi terhadap peningkatan kesadaran masyarakat. Literatur review ini menegaskan bahwa edukasi kesehatan menjadi komponen kunci dalam upaya pencegahan COVID-19, terutama ketika dikombinasikan dengan media digital yang mudah diakses.
Kata kunci : Edukasi kesehatan, COVID-19, media sosial, masyarakat, pencegahan
ABSTRACT
The COVID-19 pandemic demands effective health education efforts to improve public knowledge, perceptions, and preventive behaviors. This literature review synthesizes findings from five articles focused on COVID-19 health education in the Indonesian community. The review process was conducted through searches in Google Scholar, PubMed, and ScienceDirect using keywords related to COVID-19 education and prevention, with publication periods ranging from 2021 to 2025. The five selected articles were analyzed based on the quality of their content and their relevance to the review's objectives. The synthesis results indicate that educational methods, both in-person and digitally through social media such as TikTok and Instagram Live, provide increased knowledge and understanding of health protocols and influence public behavior in preventing COVID-19 transmission. Despite variations in approaches, all studies demonstrate a positive impact of education on increasing public awareness. This literature review confirms that health education is a key component of COVID-19 prevention efforts, especially when combined with easily accessible digital media.
Keywords: Health education, COVID-19, social media, community, prevention
References
Irmayani, S. M. B., Parinduri, A. I., & Octavariny, R. (2021). Edukasi tentang penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan COVID-19. JPK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 60–63.
Nasution, N. S., Musthofa, S. B., & Shaluhiyah, Z. (2021). Edukasi pencegahan COVID-19 dalam media sosial: Gambaran konten video TikTok. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 9(2), 180–189.
Rosidin, U., Sumarna, U., Eriyani, T., & Noor, R. M. (2021). Edukasi daring tentang pencegahan COVID-19 pada tokoh masyarakat Desa Haurpanggung, Kabupaten Garut. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 137–144.
Novita, A., & Ramadhani, N. R. (2021). Webinar vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Shihatuna: Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 1(1), 29–33.
Herbawani, C. K., Ruthin, Z. G., Ramadhania, L., Situmeang, A. M. N., & Karima, U. Q. (2021). Pemanfaatan Instagram Live sebagai sarana edukasi kesehatan masyarakat di masa pandemi COVID-19. Warta LPM, 24(2), 196–206.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









