Analisis Bahasa Promosi pada Konten Instagram BTN Syariah Terkait Pembiayaan KPR

Authors

  • Elsyifa Salsabila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Nurhalizah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sundawati Tisnasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v3i1.7857

Keywords:

Bahasa Promosi, Strategi Persuasif, KPR Syariah

Abstract

Perkembangan teknologi digital mengubah cara masyarakat memperoleh informasi. Karena itu media sosial seperti Instagram menjadi saluran penting bagi lembaga keuangan syariah untuk menyampaikan promosi secara ringkas dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan bahasa promosi pada konten KPR BTN Syariah dengan fokus pada diksi, strategi persuasif, nilai syariah, serta integrasi visual dan verbal. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik dokumentasi pada Instagram resmi BTN Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi denotatif digunakan untuk menegaskan transparansi, seperti margin dan potongan biaya, sedangkan diksi konotatif membangun kedekatan emosional melalui ungkapan tentang ketenangan, keberkahan, dan aspirasi hunian. Strategi persuasif tampak melalui ajakan langsung, data faktual, dan penegasan nilai syariah.  Selain itu, visual dan teks bekerja saling melengkapi, di mana visual menarik perhatian dan teks memperjelas manfaat dan mendorong tindakan.

References

Azahra, I. P., Wardhani, V. J., Devinta, L. C., Khaliala, N., Rohma, V. B., Bahanan, A. A. G., Fitrianto, T. A., & Arya D, M. F. (2024). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Promosi Online Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Kelas Menengah. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2670

Dewi, G. T., Ismail, S., & Widyastuti, W. T. (2022). Strategi persuasif dalam iklan produk l’Oréal Paris Pendahuluan. 1(1), 43–50. https://doi.org/10.21009/franconesia.11.5

Eriyanti, E., Adha, M. A., & Riduwan. (2024). The Roles Of Social Media Marketing And Electronic Word Of Mouth On The Customers ’. April, 15–27.

Febriana, I., Hutasoit, E. R. P., Yazid, M. U., Fauziah, S., Sahira, S., & Kelauri, S. A. (2024). Strategi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 15938–15944.

Febriani, W. (2024). Strategi Pemasaran Perbankan Syariah Berbasis Teknologi Informasi Pada Era Digital. Jurnal Sahmiyya, 3(1), 217–222.

Fitriani, L., Rachma, Z. S., Kamila, A. D., Pebrianti, E. P., Fateha, S. A., & Eni, N. (2023). Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online. Sabda: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 2(1), 11–20.

Futri, S. A., Lestari, N. A. S., Rohim, R. A., Rufaidah, I., & Lisnawati, I. (2025). Analisis Kalimat Persuasif Pada Iklan Produk G2g Oleh Influencer Maharajasp Di Media Sosial Tiktok. 10(4), 1261–1269.

Handayani, & Usiono. (2025). Pengaruh Diksi terhadap Gaya Bahasa dalam Karya Sastra. Alahyan Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin(ECOS-PRENEURS), 3, 39–48.

Haryadi, S. R. D., & Cahyani, L. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Peningkatan Jangkauan Dan Interaksi Konten Di PT Pos Indonesia KCU Bandung Tahun 2024. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 2023–2025.

Hijrah, A. H., Junaidi, J., & Putra, H. R. (2025). Literasi Keuangan Syariah Di Era Digital Dan Tantangan Teknologi Dalam Transformasi Perbankan. AL-IQTISHAD : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Islam. https://doi.org/10.47498/iqtishad.v5i1.5172

Hudiyah, I. F., Amadearaya, M. C., Lestari, E. M., Syafa, M. P., Putri, E. M. R., & Arum, D. P. (2024). Penggunaan Gaya Bahasa Indonesia Dalam Pemasaran Produk Wafer Tango. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2347

Ilham, M., & Karim, H. A. (2025). Negosiasi Nilai-Nilai Islam Dalam Strategi Branding Reputasi Lembaga Pendidikan Islam Di Tengah Standar Popularitas Media Sosial. Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 6(4), 312–321.

Irmayana, I., & Akil, M. A. (2025a). Media Digital Pemasaran Perbankan Syariah. Lentera: Journal of Studies Islam, 1(1), 24–31.

Irmayana, I., & Akil, M. A. (2025b). The Digital Media Marketing Of Islamic Banking. Lentera: Journal of Islamic Studies, 1(1), 22–29.

Isnaini, M. M. R., Rahmawati, S. S., Zen, M., & Fatmawat, F. (2024). Strategi Promosi Pembiayaan Murabahah Bank Syariah di Indonesia. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(3), 79–93. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i3.889

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024. https://www.ojk.go.id

Pasaribu, E. C., Ginting, N. A., Nasution, R., Sibarani, Y. G., & Amalia, N. (2025). Peran Kreativitas Bahasa Promosi pada Konten Digital E-Commerce. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(6), 1322–1330. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.6650

Rahayuningrat, P. S., Ardiani, G. T., Alisa, J., Sugiarti, R., & Taufik, N. (2024). The effectiveness of Instagram Advertising for Digital Marketing Strategy: Systematic Literature Review. International Journal of Tourism and Hospitality in Asia Pasific, 7(1), 14–26. https://doi.org/10.32535/ijthap.v7i1.2888

Rosmeisya, I., & Angraini, D. M. (2025). Analysis Effectiveness Advertisement Bank Sharia Indonesia Through Network Social Instagram as a Promotional Media. AL-ARBAH: Journal of Islamic Finance and Banking, 7(2), 335–355. https://doi.org/10.21580/al-arbah.2025.7.2.28578

Sitanggang, A. S., Nazhif, D. N., Ar-Razi, M. H., & Buaton, M. A. F. (2024). Efektivitas Strategi Digital Marketing di Media Sosial : Studi Kasus Facebook, Instagram, dan Tiktok Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Pariwisata Indonesia (JUBPI), 2(4), 57–65.

Yusniawati Dratistiana, L., & Kusuma, R. M. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi dan Promosi Pada Jasa Layanan PPSDM Migas. Majalah Ilmiah Swara Patra, 13(2), 65–72. https://doi.org/10.37525/sp/2023-2/558

Downloads

Published

2025-12-21

Issue

Section

Articles